Usai Lockdown, Disney World Florida Dibuka dengan Menerapkan Protokol New Normal

Pembukaan Disney World ini dikarenakan Florida mulai perlahan-lahan membuka kembali bisnisnya setelah lockdown

Shutterstock/VIAVAL
Ilustrasi Disney World di Orlando, Florida, Amerika Serikat (Shutterstock/VIAVAL) 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Usai lockdown, Disney World di Florida kembali membuka pintu kunjungan wisatawan pada hari Rabu (20/5/2020). Namun, pengunjung hanya bisa makan dan berbelanja, sedangkan wahana-wahana yang populer itu dikabarkan masih tutup.

Pembukaan Disney World ini dikarenakan Florida mulai perlahan-lahan membuka kembali bisnisnya setelah lockdown. Melansir ABS CBN News, ketika taman ini menyambut wisatawan ke pusat perbelanjaan Disney Springs di Orlando, situasi New Normal begitu terasa.

Akibat Pandemi Corona, Disney World dan Disneyland Resorts Perpanjang Waktu Tutup

Kangen Makanan Disneyland? Berikut Resep Mudah Membuat Jajanan Hits Disney Parks Churro Bites

Para pengunjung menerapkan protokol kesehatan seperti masker, dan pemeriksaan suhu ketika masuk area. Parkir tempat wisata itu pun dibatasi dengan tujuan untuk menghambat penyebaran virus corona dan menerapkan jarak sosial. Selain itu, jam kunjungan telah dikurangi dan staf selalu menyemprotkan cairan disinfektan ke seluruh area.

Melihat para pengunjung berkewajiban memakai masker, membuat tempat yang biasanya menyenangkan itu terlihat suram.

Situs resmi Disney Springs juga memuat peringatan tentang Covid-19 yang merupakan penyakit sangat menular dan dapat menyebabkan penyakit parah hingga kematian. "Dengan mengunjungi Disney Springs, Anda secara sukarela menanggung semua risiko yang terkait dengan paparan Covid-19," tulis website Disney Springs, seperti dikutip ABS CBN News.

Selain Disney World, restoran dan bar di Florida pun akan lebih banyak dibuka minggu depan. Namun belum ada tanggal kepastian untuk pembukaan kembali Sunshine State, taman hiburan populer itu, serta Universal Studios.

Adapun pantai-pantai di Florida selatan juga sebagian besar masih tutup. "Dunia saat ini berbeda, dan itu akan membutuhkan tanggung jawab bersama, dengan semua orang melakukan peran masing-masing," tulis Wakil Presiden Disney Springs Matt Simon dalam sebuah posting blog. Saham Disney juga naik lima persen di New York Stock Exchange menyusul pengumuman taman ini akan dibuka kembali.

Florida Buka Kembali

Florida perlahan-lahan mengaktifkan kembali perekonomiannya sejak dua minggu lalu dengan cara yang tak merata. Tetap ada aturan di wilayah negara bagian dan kota. Pada Rabu, Florida secara resmi melaporkan lebih dari 47.000 kasus virus corona baru, dan hampir 2.100 kematian, dengan jumlah kasus mulai menurun. Tahap pertama pembukaan kembali Florida tidak termasuk hotel, pusat kebugaran, bar atau bioskop.

Sejak Senin, sebagian besar restoran di Florida selatan diizinkan buka setengahnya, dan semua pekerja serta pelanggan harus menggunakan masker. Semua penumpang yang bepergian melalui bandara internasional Miami pun harus mengenakan masker. Namun di Miami Beach, yang merupakan magnet wisatawan itu, restoran belum kunjung dibuka hingga 27 Mei.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari banjir pengunjung yang tiba pada akhir pekan penanda awal musim panas yang dimulai pada hari Jumat. "Kami tidak dapat menafsirkan pembukaan kembali bertahap kami sebagai sinyal bahwa virus telah hilang," kata Walikota Miami Beach, Dan Gelber. Sementara itu, pada Rabu, dilaporkan ABS CBN News hanya beberapa toko di Lincold Road, kawasan pejalan kaki Miami Beach yang ikonik itu, dibuka untuk umum.

Namun, tak terlihat keramaian pengunjung. "Kami memiliki beberapa pelanggan sepanjang hari tetapi tidak sebanyak yang kami perkirakan," kata Kylie Bentley, manajer toko Urban Outfitters. "Tetapi saya mendengar dari toko-toko lain di negara bagian bahwa perlu beberapa hari bagi semua orang untuk menyadari bahwa kita sudah buka," tambahnya.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Disney World Florida Buka untuk Makan dan Belanja, Terapkan Protokol New Normal

Ikuti kami di
Editor: Ekayana
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved