Menjelang Lebaran, Berikut Cara Mudah Menganyam Ketupat

Bahan penting yang harus disiapkan untuk membuat ketupat adalah beberapa helai daun kelapa muda

SHUTTERSTOCK
ilustrasi ketupat (SHUTTERSTOCK) 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Hari Raya Idul Fitri sudah di depan mata, saatnya dirimu melakukan persiapan membuat ketupat. Bahan penting yang harus disiapkan untuk membuat ketupat adalah beberapa helai daun kelapa muda.

Namun, untuk menganyam ketupat terbilang tidak mudah bagi pemula. Dalam buku berjudul "Kreasi Bentuk Selongsong 16 Ketupat" (2013) karya Acho Suryadi Badudu terbitan oleh PT Gramedia Pustaka Utama, memberikan cara menganyam ketupat dalam berbagai bentuk.

Tak Disangka, Ketupat di Indonesia Ternyata Sudah Ada Sejak Abad ke-15

Sesaki Pusat Perbelanjaan Saat Pandemi, Pengunjung Matahari Singosaren Pede Tak Bawa Virus

Untuk membuat ketupat lebaran kamu perlu menyiapkan bahannya yaitu dua pasang atau empat helai daun kelapa yang bagian pangkalnya masih melekat atau menyatu. Berikut langkah-langkah dalam menganyam ketupat lebaran:

1. Langkah pertama

Langkah awal dalam menganyam ketupat lebaran adalah memegang sehelai daun dan buat lingkaran. Ibu jari berada dalam lingkaran menjepit daun yang dibentuk lingkaran. Helai daun yang satunya lagi berada di depan dengan posisi lurus ke bawah. Angkat ke atas ujung helai daun di depan, kemudian sisi tengah daun menempel di samping lingkaran dan dijepit atau ditekan ujung ibu jari.

2. Langkah kedua

Selanjutnya, helai daun yang sebelumnya dibuat lingkaran pertama, lalu buat pula lingkaran kedua yang melingkari dua helai pangkal yang melekat.

Ujung ibu jari dimajukan sedikit menekan bagian lingkaran agar tidak lepas.

3. Langkah ketiga

Langkah selanjutnya helai daun yang sebelumnya dibuat lingkaran pertama, lanjutkan dengan membuat kembali lingkaran kedua. Lingkari dua helai pangkal yang melekat. Ujung ibu jari dimajukan sedikit demi sedikit bagian lingkaran agar tidak lepas.

4. Langkah keempat

Helai daun kedua di atas tangan atau searah pangkal daun, masukkan ujungnya ke lingkaran pertama. Kemudian helai daun yang mengarah ke kanan masuk dan keluar ujungnya ke bagian daun dekat pangkal.

5. Langkah kelima

Teruskan anyaman ujung daun kebagian belakang atau punggung tangan, masuk dan keluar ujungnya ke daun kedua dekat pangkal atau celah kedua pangkal daun. Masih dengan ujung daun yang sama, setelah ujung daun melingkari anyaman, masukkan ujung daun kelingkarannya dan ujung daun menunjuk ke bawah.

6. Langkah keenam

Anyaman ujung daun tersebut berakhir masuk dan keluar pada lingkaran pertama. Untuk memudahkannya, tarik atau ambil daun yang membentuk lingkaran pertama lalu ujung daun dianyam dan berakhir di bawah.(*)

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Ekayana
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved