Juni 2020 Italia Mulai Terima Kedatangan Turis Asing

Sementara kegiatan ekonomi lainnya diizinkan untuk dilangsungkan pada Juni mendatang. Namun dengan syarat mereka mengikuti panduan jaga jarak

intrepidtravel.com
puluhan rumah di Pulau Burano yang dicat warna warni di Italia 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Italia mengumumkan akan membuka perjalanan masuk dan keluar negara mulai 3 Juni 2020. Keputusan ini diumumkan pada Sabtu (16/5/2020). Pembukaan batas negara ini dilakukan sebagai langkah untuk menghidupkan kembali industri pariwisata yang terpuruk akibat virus corona.

Bar, restoran, pertokoan, salon, dan layanan keagamaan akan diizinkan untuk dibuka kembali pada Senin (18/5/2020). Sementara kegiatan ekonomi lainnya diizinkan untuk dilangsungkan pada Juni mendatang. Namun dengan syarat mereka mengikuti panduan jaga jarak dan melakukan disinfektan.

Yogyakarta Siap Sambut Wisatawan Usai Corona dengan Situasi New Normal

Pandemi Belum Berakhir, Sebuah Restoran di New York Ini Diubah Galeri Seni

Pembukaan batas negara Italia membuka jalan bagi wisatawan untuk melakukan liburan musim panas di sana. Kendati demikian, pengumuman tersebut tidak menyebutkan secara pasti apakah pembukaan tersebut hanya berlaku bagi pelancong dari Uni Eropa (UE) atau berlaku untuk pelancong dari negara luar UE.

Sebab, UE menganjurkan untuk tetap menutup perbatasan eksternal bagi warga negara di luar UE setidaknya hingga 15 Juni 2020. Sebelumnya UE mendorong dibukanya perbatasan internal dan mengizinkan perjalanan non-esensial antar negara UE, sebelum membuka perbatasan eksternal.

Contohnya di Jerman, negara ini hanya membuka perbatasan untuk Perancis, Austria, dan Swiss yang akan dimulai pada 15 Juni 2020. Jerman menciptakan semacam “ travel bubble” atau pembukaan terbatas hanya untuk beberapa negara pada waktu musim panas.

Sementara itu, negara-negara Baltik seperti Estonia, Latvia, dan Lithuania juga membuka kembali perbatasan satu sama lain. Italia merupakan negara pertama di Eropa yang mengalami pandemi virus corona. Namun, mereka mengklaim telah membuat kemajuan akan penanganan pandemi beberapa pekan terakhir.

Menurut Washington Post, ada 1.000 kasus baru virus corona yang dilaporkan setiap hari terjadi di Italia. Jumlah ini lebih kecil apabila dibandingkan dengan 6.000 kasus per hari di Italia saat pandemi berada dalam puncak pada Maret lalu.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Italia Mulai Buka untuk Turis Asing pada Juni 2020

Ikuti kami di
Editor: Ekayana
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved