3 Cara Membuat Daging Sapi Empuk, Salah Satunya Dibungkus Daun Pepaya

Kamu bisa mengempukkan daging sapimu dengan cara memarinasinya bersama nanas, memukulnya dengan palu daging, dan masih banyak lagi

google.com
ilustrasi daging sapi 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Saat mengolah daging sapi, tak jarang hasil olahan malah menjadi alot dan keras. Untuk membuatnya empuk ternyata dibutuhkan beberapa cara yang mudah dilakukan.

Kamu bisa mengempukkan daging sapimu dengan cara memarinasinya bersama nanas, memukulnya dengan palu daging, dan masih banyak lagi.

Resep Es Leci Yakult, Menu Takjil Untuk Berbuka Puasa yang Menyehatkan

Resep Membuat Cireng Dari Nasi Sisa

Chef Aguk Prasetiyo dari Hotel Santika Cirebon memberi 3 cara untuk membuat tekstur daging sapi menjadi empuk dan tidak alot saat dimakan.

1. Potong daging berlawanan dari arah serat

"Kalau mau paktisnya dan punya alat yang lebih lengkap, bisa dipresto akan lebih cepat empuknya. Namun kalau tidak punya, bisa diperhatikan cara memotongannya," jelas Aguk saat dihubungi oleh Kompas.com, Rabu (6/5/2020). Ada cara memotong daging sapi sebelum diolah agar lebih empuk, yaitu dengan memotong daging berlawanan dari arah seratnya.

“Jangan ngikut serat, kita lihat dulu seratnya kemana, kalau sudah ketemu bilang dipotong berlawanan arah seratnya,” jelas Aguk. Terdapat informasi beredar bahwa daging harus dimasak dalam waktu yang lama agar empuk. Namun, jangan lakukan hal tersebut. Semakin lama dimasak, sari daging dan rasa gurih khas daging akan hilang. Kalau ingin merebus daging agar lebih empuk maksimal 45 menit.

2. Marinasi dengan nanas

Selain itu kamu juga bisa mengempukkan daging dengan cara alami yaitu dimarinasi bersama nanas. Nanas memiliki kadar asam yang tinggi sehingga bisa membuat daging empuk. Caranya, potong nanas tipis-tipis, haluskan lalu campur dengan daging dan tunggu hingga 30 menit. Biarkan zat asam dari nanas bekerja dan membantu mengempukkan daging.

Setelah selesai dimarinasi, daging siap dimasak.

3. Dibungkus dengan daun pepaya

Selain nanas, daun pepaya juga memiliki kadar asam yang mampu membantu mengempukkan daging. Caranya, bungkus daging dengan daun pepaya kemudian diamkan selama lebih kurang 1 jam. Terkadang ada pula yang mengempukkan daging dengan menusuk-nusuk daging menggunakan garpu yang bertujuan untuk mematikan serat. Namun cara tersebut dinilai malah merusak daging dan membuat kualitas daging menurun. “Kalau mau jangan ditusuk pukul dengan alat pemukul daging yang benar, karena cara itu bisa melembekkan serat dan membuat daging tipis,” papar Aguk.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : 3 Cara Membuat Daging Sapi Empuk, Salah Satunya Direndam dengan Nanas

Ikuti kami di
Editor: Ekayana
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved