McDonald's di Sarinah Thamrin Jakarta Akan Segera Ditutup, Ini Alasannya

Penutupan McDonald's Sarinah Thamrin tak lain karena permintaan manajemen gedung Sarinah

Twitter/@duwiry
Potret McDonalds Sarinah di masa tahun 1990-an.(Twitter/@duwiry) 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - McDonald’s Indonesia kini menutup permanen restoran pertamanya yang berada di pusat perbelanjaan Sarinah Thamrin, Jakarta pada Minggu (10/5/2020) pukul 22.05 WIB. McDonald's Sarinah Thamrin merupakan tonggak sejarah restoran cepat saji Amerika Serikat McDonald's berdiri di Indonesia. Restoran ini pertama kali dibuka pada 23 Februari 1991.

Penutupan McDonald's Sarinah Thamrin tak lain karena permintaan manajemen gedung Sarinah. Lewat siaran pers yang diterima Kompas.com pada Jumat (8/5/2020), McDonald’s Indonesia menyebutkan menerima surat resmi dari manajemen Gedung Sarinah Thamrin pada Kamis, 30 April 2020.

McDonalds Indonesia di Sarinah Thamrin Ditutup Mulai 10 Mei 2020

Merebaknya Virus Corona, McDonalds Indonesia Lakukan Sejumlah Pencegahan Penularan

"Manajemen Gedung Sarinah akan melakukan renovasi dan akan melakukan perubahan strategi bisnis pada bangunan milik pemerintah tersebut," dikutip dari siaran pers McDonald's Indonesia.

Kabar renovasi Gedung Sarinah Thamrin memang santer terdengar sejak akhir 2019. Kala itu Menteri BUMN Erick Thohir menyebutkan akan menjadikan Sarinah sebagai pusat Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau UMKM. "Nanti Sarinah itu akan kita jadikan pusat daripada UMKM ini," dikutip dari berita ANTARA yang tayang Jumat (20/12/2019). Rencananya peluncuran Sarinah sebagai pusat UMKM akan dilakukan pada HUT RI ke-75 yang jatuh pada 17 Agustus 2020.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki yang kala itu melakukan pembahasan dengan Erick Tohir, membahas strategi menjadikan Sarinah Thamrin sebagai ruang pameran bagi semua produk lokal Indonesia.

Menurut Teten, untuk Gedung Sarinah Thamrin saat ini diperlukan perubahan orientasi bisnis termasuk dari sisi perbaikan gedungnya. Marketing Communications, Digital dan CBI McDonald’s Indonesia, Michael Hartono, mengucapkan terima kasih kepada konsumen McDonald's Sarinah Thamrin. “Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua konsumen setia kami yang telah bersama-sama membesarkan McDonald’s Sarinah Thamrin dan menciptakan berjuta kenangan manis bersama kami di sana," kata Michael. "Bagi kami, tentu peristiwa ini memiliki kesan yang sangat mendalam karena sejarah, kenangan dan perayaan berbagai peristiwa penting yang selalu bertempat di McDonald’s Sarinah," lanjutnya. Michael menuturkan pihak McDonald's Indonesia akan terus berusaha memberikan yang terbaik kepada konsumen dan mencari lokasi strategis untuk gerainya.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Alasan Restoran McDonald's yang Bersejarah di Sarinah Thamrin Jakarta Ditutup

Ikuti kami di
Editor: Ekayana
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved