Begini Cara Menyimpan Kentang Agar Tidak Mudah Busuk

Kentang menjadi salah satu bahan makanan yang sering disimpan di dapur. Rupanya ada cara tersendiri untuk menyimpan kentang supaya bisa awet

PIXABAY/CONGERDESIGN
Ilustrasi kentang yang belum dikupas dan sayuran lain. (PIXABAY/CONGERDESIGN) 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Selama masa karantina, masyarakat kini lebih senang memasak makanan sendiri ketimbang harus makan direstoran. Sehingga mereka tidak perlu sering keluar rumah dan tetap bisa menjaga jarak fisik.

Kentang menjadi salah satu bahan makanan yang sering disimpan di dapur. Rupanya ada cara tersendiri untuk menyimpan kentang supaya bisa awet dan tidak mudah busuk.

Tips Mengolah Santan agar Tidak Pecah, Besar kecilnya Api Saat Memasak Berpengaruh

Resep Rahasia Membuat Teh Enak, Cocok Untuk Menu Takjil Selama Puasa

Chef Ardian Wahyu Normansyah, Demi Chef de Partie dari Fourpoints by Sheraton Surabaya Pakuwon Indah membagikan tips dan trik untuk menyimpan kentang dengan baik. "Kalau kentang utuh mentah harus disimpan di tempat kering, karena faktor penyebab cepat busuk itu jika ditaruh atau disimpan di tempat lembab," paparnya saat dihubungi oleh Kompas.com, Rabu (6/5/2020).

Kalau kentang belum dikupas atau mentah cukup simpan di ruangan yang kering, jangan sampai terkena air karena bisa menyebabkan kentang busuk. Kentang mentah yang ditaruh dalam suhu ruangan bisa bertahan selama 1 minggu. Dengan catatan, kentang dialasi tisu kering. Jangan masukkan kentang mentah pada wadah tertutup kalau disimpan di suhu ruang, karena akan lembab.

Jika telanjur mencuci kentang, jangan simpan kentang tapi langsung dimasak. Kentang yang hendak disimpan lebih baik tidak usah dicuci. Bila kentang sudah dikupas, Chef Ardian menyarankan untuk segera menyimpannya di freezer supaya kentang bisa lebih awet. Kentang yang disimpan di freezer akan bertahan hingga 3 bulan, sedangkan apabila menyimpannya di kulkas hanya dapat bertahan maksimal 3 hari. Setelah itu tekstur kentang menjadi lembek.

Ia juga menyarankan kentang yang disimpan dalam kulkas atau frezze dimasukkan ke dalam wadah tertutup. Agar tidak terkontaminasi dengan makanan lain. Sebab saat ini kulkas menjadi penyimpanan banyak bahan makanan, sehingga aroma dari produk satu bisa menempel ke produk yang lain.

Selain itu berhati-hati jika menyimpan kentang dengan bahan lain. Sebab jika kentang disimpan berdekatan dengan produk lain yang telah busuk, maka kentang juga akan ikut menjadi busuk. "Maka dari itu saat menyimpan kentang harus terpisah agar tidak menyebar ke bahan lain ketika busuk, begitu juga sebaliknya" papar Chef Ardian. Ardian juga menyarankan bahwa kentang yang bagus untuk dikonsumsi adalah kentang segar yang baru dibeli dari pasar atau supermarket. "Kalau makin lama justru kentang jadi kurang bagus, lama kelamaan jadi tumbuh tunas di kentangnya," tambah Ardian.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Cara Menyimpan Kentang Agar Tidak Mudah Busuk, Jangan Keburu Dicuci

Ikuti kami di
Editor: Ekayana
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved