Alami Krisis Selama Pandemi Corona,Satwa di Kebun Binatang Se-Indonesia Buka Donasi

Seperti pada kebun binatang yang tutup akibat dari penyebaran virus ini. Akibatnya pengurus kebun binatang kesulitan memenuhi kebutuhan makan para sat

Dok. BKSDA Bali
Gajah di sebuah lembaga konservasi di Bali (Dok. BKSDA Bali) 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Akibat Pandemi corona (Covid-19) yang meluas, banyak kebun binatang yang memutuskan untuk tutup. Hal tersebut karena pengurus kebun binatang kesulitan memenuhi kebutuhan makan para satwa.

Oleh karena itu, Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia (PKBSI) mengadakan aksi donasi kepada semua pihak yang ingin membantu satwa kebun binatang agar bisa bertahan hidup.

Krisis Akibat Corona, Kebun Binatang Butuh Bantuan Termasuk dari Dapur Hotel

APGI Minta Kemenparekraf Prioritaskan Pelaku Pariwisata Gunung Dapat Kartu Prakerja

Aksi ini dinamakan "Food For Animals" yang sudah dilaksanakan melalui akun media sosial PKBSI, salah satunya Instagram @pkbsi.

"Kami rindu untuk dikunjungi, namun saat ini kami pun #stayatzoo. Karena keterbatasan yang kami miliki, kami dan teman-teman berharap tetap bisa bertahan. Terima kasih sudah turut memperhatikan kebutuhan pakan kami," tulis akun @pkbsi.

Dihubungi Kompas.com, Sekretaris Jenderal PKBSI Tony Sumampau mengatakan, saat ini memang kondisi dari kebun binatang di Indonesia hampir pada ambang keterpurukan. Ia mengatakan 56 kebun binatang termasuk Taman Safari terdampak wabah virus corona.

"Tapi ada 4 calon anggota baru kebun binatang. Kami prediksi sebanyak 90 persen kebun binatang akan kewalahan jika kondisi ini masih terus berlangsung hingga akhir Mei, karena itu kami adakan donasi seperti ini untuk minta bantuan semua pihak," kata Tony saat dihubungi Kompas.com, Senin (4/5/2020). Lanjutnya, semua Lembaga Konservasi (LK) kebun binatang di Indonesia mengelola sebanyak 70.000 ekor satwa terdiri dari 4.300 jenis atau spesies.

Jika kamu ingin memberikan makan untuk para satwa di kebun binatang di Sumatera hingga Papua, bisa mengikuti aksi donasi Food For Animals. Caranya dengan berdonasi ke nomor rekening BNI 955 955 206 atas nama PKBSI. Sebagai apresiasi, PKBSI akan memberikan e-certificate kepada para donatur. Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi sekretariat PKBSI di nomor Susi 082112390011 dan Yonathan 081911368685.

"Pengelola LK berupaya keras agar semua satwa yang ada di LK tetap dalam kondisi yang baik, dan kita tentu ingin mereka semua tetap baik dan dapat bertahan di tengah situasi ini. Kita sangat mengapresiasi berapa pun nilai donasi Anda! Bantu kami agar #SatwaTetapSehat dengan berdonasi dan share campaign #FoodForAnimals ini!," tulis akun @pkbsi.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Yuk, Bantu Satwa di Kebun Binatang Se-Indonesia untuk Makan, Ini Caranya

Ikuti kami di
Editor: Ekayana
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved