Cara Membuat Cendol di Rumah, Cocok Untuk Takjil Berbuka

Semangkuk es cendol bisa menjadi pilihan untuk melepaskan dahag usai seharian puasa. Tak perlu repot membeli cendol, sebab cenndol mudah dibuat

KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA
Cendol hitam yang disajikan untuk wisatawan, sebagai hidangan tradisional di Omah Kecebong, Desa Cebongan, Kabupaten Sleman, DIY, Rabu (9/5/2018)(KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA) 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM -  Semangkuk es cendol bisa menjadi pilihan untuk melepaskan dahag usai seharian puasa. Tak perlu repot membeli cendol, sebab cenndol mudah dibuat di rumah.

Selain lebih murah tentunya lebih higienis. Executive Sous Chef Hotel Santika Bandung, Fathul Abrar, menjabarkan bagaimana cara membuat cendol yang sederhana.

Tak Suka Santan? Ini Cara Membuat Kolak Tanpa Santan

Tips Mengolah Kolang-kaling Agar Tetap Segar dan Enak

"Bahan tepung untuk membuat cendol bisa dari tepung hunkwe, beras, kanji dan tepung sagu," jelas Fathul saat dihubungi oleh Kompas.com, Kamis (30/4/2020). Untuk membuat cendol kamu bisa memilih mau menggunakan bahan tepung yang mana, sesuai selera.

Berikut bahan dan cara untuk membuat cendol di rumah:

Resep Cendol

Bahan cendol

  • 1 lembar Daun Suji atau 1/2 sendok teh pewarna pandan
  • 150 gram tepung beras atau tepung hunkwe
  • 15 gram tepung tapioka atau tepung beras
  • 700 mililiter air matang
  • 2 gram garam
  • 2 Block es batu

480 gram gula merah yang sudah diserut halus

  • 3 lembar daun pandan
  • 1500 ml santan kelapa

Bahan tambahan

1500 ml santan kelapa

Cara membuat Cendol

"Cara membuat cendol pertama blend (campur bisa diblender) daun suji dengan air, lalu saring. Setelah itu masukan semua adonan untuk membuat cendol ke dalam panci," jelas Fathul.

Jika sudah, masaklah adonan cendol hingga mengental dan lengket. Waktu memasak yang diperlukan untuk mencapai konsistensi cendol sekitar 20 - 25 menit. Kemudian siapkan panci atau wadah, lalu isi dengan air matang dan masukan es batu. Siapkan cetakan cendol. Apabila tidak ada, bisa menggunakan saringan besi atau sendok penggorengan yang ada lubangnya. Lalu cetak adonan cendol dengan cara ditekan ke air matang yang sudah diberi es sebelumnya.

Biarkan cendol jatuh ke dalam air es dan biarkan cendol mengeras dengan sendiri. Jika sudah saring cendol lalu sisihkan. "Untuk saus gula merahnya, larutkan semua bahan kecuali santan," papar Fathul. Jika sudah bisa langsung sajikan di gelas atau mangkuk. Susunannya pertama beri es batu dalam gelas, lalu tuangkan cendol, disusul dengan saus gula jawa secukupnya lalu terakhir beri santan. Cendol siap dinikmati.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Cara Membuat Cendol di Rumah, Tidak Pakai Ribet

Ikuti kami di
Editor: Ekayana
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved