Tak Suka Santan? Ini Cara Membuat Kolak Tanpa Santan

Susu segar dapat menjadi pengganti santan. Bahan pokok yang dibutuhkan adalah susu segar dicampur dengan gula merah atau gula pasir

Dok. Shutterstock/Aris Setya
Ilustrasi kolak biji salak tanpa santan.(Dok. Shutterstock/Aris Setya) 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Menu berbuka kolak kerap hadir dengan santan untuk memberikan rasa lebih gurih. Namun, bagi kamu yang tidak terlalu suka atau alergi dengan santan, kamu tetap bisa menikmati kolak.

Alternatifnya mengganti santan dengan bahan lain yang tak kalah sedap. Corporate Pastry Chef Group Warung pasta, Locarasa & NUSA Indonesia Gastronomi, Solihin, menjelaskan bahan masak yang bisa menjadi pengganti santan dalam kolak. "Bisa diganti fresh milk dan cream atau milk powder," jelas Solihin saat dihubungi oleh Kompas.com, pada hari Selasa, (28/4/2020).

Resep Rahasia Membuat Teh Enak, Cocok Untuk Menu Takjil Selama Puasa

Resep Es Campur Simpel, Cocok Untuk Takjil Berbuka Puasa

Susu segar dapat menjadi pengganti santan. Bahan pokok yang dibutuhkan adalah susu segar dicampur dengan gula merah atau gula pasir. Untuk menambah kekentalan bisa juga menambahkan sedikit cream. Solihin menjelaskan susu segar dapat membuat rasa kolak lebih ringan. Namun ketika dicampur dengan cream maka rasa kolak akan lebih creamy.

Jika ingin menjadikan susu segar dan cream sebagai bahan pengganti santan, sebaiknya susu dan cream yang digunakan dengan perbandingan susu 75 persen dan cream 25 persen. Selain susu segar dan cream, Solihin juga memberi bahan alternatif yang lebih ekonomis yakni air putih atau air kelapa. Namun jika menggunakan air putih atau air kelapa maka rasa kolak akan flat atau lebih datar.

"Bisa kalau menggunakan gula merah, rasa gula merah cair saja. Kalau mau ditambah daun pandan, cengkeh dan kayu manis," jelas Solihin. Ia juga memberikan resep untuk kolak tanpa santan, tetapi diganti oleh air mineral.

Bahan-bahan membuat kolak non santan sebagai berikut:

  • Air mineral 500 mililiter
  • Air 1,5 liter
  • Gula merah 50 gram
  • Cengkeh 3 batang
  • Kayu manis 5 gram
  • Daun pandan 1 lembar
  • Garam 1/4 sendok teh
  • Pisang secukupnya
  • Kolang-kaling secukupnya

Cara memasak kolak non santan

Pertama didihkan gula merah 500 gram dan air 1,5 liter. Setelah mendidih lalu saring. Campurkan susu segar, jika tidak ada bisa diganti dengan air kelapa atau air mineral 500 mililiter, daun pandan, dan garam 1/4 sendok teh.

Masukkan bahan-bahan yang lainnya seperti cengkeh dan kayu manis. Masukkan juga pisang yang sudah dipotong-potong secukupnya. “Bila ingin ditambah kolang-kaling juga bisa dan sedikit cengkeh, lalu panaskan lagi dengan api kecil sampai pisangnya cukup empuk kurang lebih 20 menit,” jelas Solihin. Setelah matang kolak pisang tanpa santan bisa dihidangkan.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Tidak Doyan Santan? Ini Cara Membuat Kolak Tanpa Santan

Ikuti kami di
Editor: Ekayana
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved