Menikmati Midnight Sun, Cara Warga Negara Skandinavia Menikmati Musim Panas

Banyak orang bertanya bagaimana orang Finlandia bisa hidup berlama-lama tanpa sinar matahari selama musim dingin?

pixabay/jackmac34
ilustrasi Midnight Sun di Finlandia (pixabay/jackmac34) 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Di Indonesia, matahari selalu terbenam sore hari menjelang malam. Begitu juga yang terjadi di sebagian besar negara. Namun, matahari terbenam pada sore hari nyatanya tidak terjadi di negara-negara Skandinavia. Fenomena tidak tenggelamnya matahari biasa juga dikenal dengan sebutan Midnight Sun atau Matahari Tengah Malam. Kondisi ini yang justru menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi negara-negara tersebut. Lalu seperti apa lengkapnya tentang Midnight Sun?

Melihat situs resmi Visit Finlandia, salah satu negara yang mengalami Midnight Sun, mengatakan kondisi ini terjadi hanya pada musim panas. Banyak orang bertanya bagaimana orang Finlandia bisa hidup berlama-lama tanpa sinar matahari selama musim dingin? Namun pertanyaan tersebut terbalas sudah pada musim panas ketika matahari hampir tak tenggelam.

APGI Minta Kemenparekraf Prioritaskan Pelaku Pariwisata Gunung Dapat Kartu Prakerja

Turis Nekat Datang Selama Pandemi, 800.000 Tulip di Jepang Terpaksa Dipotong

Orang Finlandia banyak yang menghabiskan waktu di luar rumah, beraktivitas sepanjang hari, dan menikmati sinar matahari sepanjang waktu selama 24 jam penuh. Kondisi seperti ini akan mereka alami selama lebih dari dua bulan. Bagi mereka yang menjelajah utara lingkaran Arktik, matahari tidak terbenam berlangsung dari Mei hingga Agustus. Sementara lebih jauh ke selatan, matahari dapat terlihat hampir sepanjang waktu selama Juni dan Juli.

Matahari akan terlihat memiliki warna kuning kemerahan pada malam hari, hampir seperti saat matahari terbit atau terbenam. Orang Finlandia menggambarkan kondisi di sekitarnya seperti bermandikan cahaya terang yang hangat dan tak terbayangkan. Mereka akan berenang di malam hari. Sauna adalah aktivitas wajib yang dilakukan pada saat Midnight Sun. Kondisi berbeda juga tampak di semua danau dan air laut yang mulai memanas sejak Juni hingga seterusnya.

Orang Finlandia membuat vila untuk menikmati Midnight Sun

Cara klasik untuk menikmati Midnight Sun bagi orang Finlandia adalah dengan mendirikan pondok atau vila. Banyak dari mereka memiliki pondok di rumah, atau sering juga memiliki tempat peristirahatan kecil pribadi di tepi danau.

Sekadar informasi, orang Finlandia teramat mencintai ketenangan. Umumnya wisatawan berkunjung ke negara ini untuk relaksasi, melarikan diri dari kesibukan sehari-hari ke tempat yang damai. Orang Finlandia juga memanfaatkan kondisi ini dengan pergi hiking, bermain kano, memancing, atau bermain golf di malam hari. Mengutip Visit Finlandia, Midnight Sun bagai memperpanjang hari sehingga memungkinkan orang-orang untuk melakukan aktivitas tambahan.

Mitos Midnight Sun di Finlandia

Orang Finlandia mempercayai mitos yang akan terjadi pada Midnight Sun. Mereka percaya jika seorang gadis muda mengumpulkan tujuh bunga di bawah bantalnya pada malam pertengahan musim panas atau Midnight Sun, maka tunangannya di masa depan akan muncul dalam mimpinya.

Bagaimana wisatawan dapat menikmati Midnight Sun?

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Ekayana
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved