Tips Mengolah Kolang-kaling Agar Tetap Segar dan Enak

Bijinya berwarna putih bening, walaupun demikian biji pohon aren itu terlebih dahulu diproses agar jadi kolang-kaling. Proses tersebut diperlukan

Dok. Shutterstock/Riana Ambarsari
Ilustrasi kolang-kaling.(Dok. Shutterstock/Riana Ambarsari) 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Kolang-kaling biasanya menjadi favorit takjil berbuka puasa untuk kebanyakan orang. Rasanya yang segar dan manis membuat sajian ini selalu hadir saat Ramadhan. Untuk mengolah kolang-kaling terbilang tidak mudah. Ada kolang-kaling yang memiliki tekstur kenyal dan manis, tetapi ada pula yang asam dan pahit.

Executive Chef Hotel Santika Premiere Jogja, Totok Siswantoko, menjelaskan dalam mengolah kolang-kaling butuh ketelitian.

Resep Es Campur Simpel, Cocok Untuk Takjil Berbuka Puasa

Resep Rahasia Membuat Teh Enak, Cocok Untuk Menu Takjil Selama Puasa

“Biasanya kolang-kaling cenderung asam atau kecut tapi kalau diolah dengan metode pengolahan benar biasa tidak asam,” jelasnya saat dihubungi oleh Kompas.com, Senin (27/4/2020). Kolang-kaling terbuat dari biji pohon aren. Bijinya berwarna putih bening, walaupun demikian biji pohon aren itu terlebih dahulu diproses agar jadi kolang-kaling. Proses tersebut diperlukan ntuk mendapatkan tekstur kolang-kaling yang kenyal, manis, dan tidak asam.

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah membuka biji pohon aren terlebih dahulu dan memgeluarkannya. Setelah itu kolang-kaling pertama butuh dicuci dengan air cucian beras dan rendam lebih kurang dua jam. “Waktu direndam, aren sudah di kupas dari tempurungnya,” jelasnya.

Jika setelah direndam, cuci lagi dengan air mengalir, pastikan cuci dengan bersih. Selanjutnya rebus kolang-kaling dua kali untuk menghilangkan getahnya.

Proses merebus yang pertama harus dimulai saat air mendidih dalam waktu singkat atau istilahnya blanching. Kemudian tunggu sampai lebih kurang 15 menit, lalu masuk ke proses perebusan kedua. Dalam proses perebusan ke dua ini yang perlu kamu siapkan adalah bahan-bahan seperti gula, sirup, daun jeruk. Jika sudah menyiapkan bahan, rebus kembali kolang- kaling hingga empuk. Pertama didihkan air dan masukkan kolang-kaling. Jangan lupa masukkan bahan tambahan lain.

“Yang kedua (proses perebusan) direbus dari air dingin atau boiling sampai mendidih terus kecilkan apinya atau istilahanya simmer kurang lebih 15 menit,” kata Totok. Jika sudah maka kolang-kaling siap dihidangkan dan dicampur dengan aneka bahan lain. Kolang-kaling bisa menjadi bahan untuk es campur, es buah, es teler, es kopyor, sup buah, dan kolak.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Tips Mengolah Kolang-kaling agar Tidak Asam atau Kecut

Ikuti kami di
Editor: Ekayana
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved