Cara Mengecek Tingkat Kematangan Ikan Goreng

Kalau masak matangnya harus pas kalau ada yang mentah di bagian tengah itu masih ada bakterinya

google.com
ilusrasi ikan air tawar 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Memasak ikan memang butuh waktu yang tepat sehingga ikan bisa matang sempurna. Ikan yang dimasak dan belum matang sempurna bisa membuat daging jadi anyir dan berair.

Sementara jika terlalu lama ikan akan gosong. Corporate Chef Parador Hotels & Resorts, Gatot Susanto, punya tips untuk memasak ikan dengan tikat kematangan yang pas.

Resep Cah Sawi Simpel, Cocok Jadi Menu Sahur Anak Kos

Kangen Masakan Khas Bali? Berikut Resep Ayam Betutu Untuk dicoba di Rumah

 

“Kalau masak matangnya harus pas kalau ada yang mentah di bagian tengah itu masih ada bakterinya,” jelas Gatot saat Live Instagram Travel Kompas.com bersama Atria Hotel Gading Serpong dalam sesi Masak di Rumah Aja, Jumat, (17/4/2020.

Untuk mengecek apakah sudah ikan sudah matang dengan sempurna, Gatot menyarankan untuk menekan permukaan daging ikan dengan jari tangan. Apabila saat ditekan daging ikan masih lembek dan warna daging ikan agak bening maka artinya ikan belum matang.

“Kalau matang akan terasa empuk saat dipegang, pokoknya agak keras tapi jangan sampai over cooked karena sarinya bisa hilang,” papar Chef Gatot.

Gatot mengingatkan daging ikan cenderung lebih cepat matang bila dibandingkan dengan daging sapi dan ayam. Pada Live Instagram Travel Kompas.com bersama Atria Hotel Gading Serpong, Gatot mempraktikkan bagaimana cara memasak Kerapu Sambal Matah dan membuat Dalgona Green Coffee.

Selain itu penonton juga bisa bertanya mengenai teknik memasak kepada Chef Gatot yang sudah berpengalaman di dunia kuliner selama lebih dari 25 tahun.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Cek Tingkat Kematangan Ikan Goreng dengan Teknik Ini

Ikuti kami di
Editor: Ekayana
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved