5 Kurma Ini Miliki Harganya Termahal di Dunia, Kenapa?

Kualitas dari kurma di area pesisir akan berkurang ketika area padang pasir dan pedalaman menghasilkan kurma berkualitas tinggi

SHUTTERSTOCK/BRENT HOFACKER
Ilustrasi kurma jenis Medjool. (SHUTTERSTOCK/BRENT HOFACKER) 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Beberapa jenis kurma di dunia memang bisa memiliki harga yang lebih mahal.

Hal tersebut karena proses pertumbuhan mereka cukup lama dan memakan banyak tenaga. Selain itu, kondisi pertumbuhan khusus untuk pohon pun diperlukan.

Dilansir dari Gulf News, itulah yang dikatakan oleh Insinyur Salah Abdullah Al Mousa selaku Acting Director, Agricultural Research di Ministry of Climate Change and Environment (MOCCE).

Mengenal Kurma Sukari, Buah Kesukaan Para Raja Arab

Bagi Pecinta Harry Potter, Resep Butterbeer Ala Desa Hogsmeade di Dunia Sihir Ini Patut Dicoba

Menurutnya, kurma jenis Khalas, Barhi, Dabbas, Lulu, Fard, Khenaizi, dan Sheesh adalah kurma paling mahal yang dibudidayakan di Uni Emirat Arab. Di pasar internasional, kurma Ajwa, Medjool (Madhool), Deglet Noor, Sukkari, dan Khalas adalah kurma-kurma paling mahal.

Faktor penentuan kualitas dan harga kurma 

Madjool contohnya, harus dikembangkan di iklim yang sangat kering dan juga membutuhkan sumber air yang baik. Area spesifik yang dibutuhkan untuk menanam kurma jenis ini menyebabkan jumlah lahan penanaman lebih kecil atau produksi yang lebih terbatas. Asal dari pohon palem yang menghasilkan kurma juga sangat penting. Kualitas dari kurma di area pesisir akan berkurang ketika area padang pasir dan pedalaman menghasilkan kurma berkualitas tinggi.

Iklim Timur Tengah juga jadi salah satu yang terbaik di dunia untuk budidaya kurma. Namun tingkat kelembaban jadi aspek yang paling penting, dan kelembaban rendah dibutuhkan untuk menumbuhkan kurma yang lebih besar, jelas Al Mousa. Aspek fisik dan kimia juga memainkan peran yang vital dalam menentukan harga kurma. Selain dari aspek nutrisi dan ukuran kurma, serta warna, ketebalan, kelembutan, dan tingkat kemanisan. Berdasarkan informasi dari Abu Dhabi Food Control Authority (ADFCA), bentuk, ukuran, dan rasa akan menentukan kualitas dan harga dari kurma.

Penentuan harga kurma juga dipengaruhi oleh permintaan yang tinggi terhadap varietas tertentu dengan ketersediaan yang terbatas di pasaran dan produksi yang rendah untuk beberapa varietas. Kemudian metode dan mekanisme yang digunakan di operasi pasca-panen seperti pengeringan dan pembungkusan juga jadi faktor yang menentukan harga kurma.

Hal tersebut diungkapkanThamer Al Qasimi, director of Communications and Community Services Department di ADFCA. Kurma jenis Khalas, Barhi, Bou Ma’an, Maktomi, dan Gaberi jadi kurma-kurma paling mahal di Uni Emirat Arab. Berdasarkan data dari Abu Dhabi Farmers Service Centre (ADFSC), Mejdool jadi kurma yang paling mahal.

Menurut Mansoor Al Mansouri, Head of Date Palm Unit di Abu Dhabi Farmers Service Centre, kurma Majdool memang sangat menarik dengan panjang mencapai 2 inci. Kurma Khallas, Fard, Bou Ma’an, dan Dabbas jadi empat kurma lain yang juga masuk kategori termahal di Uni Emirat Arab menurut Al Mansouri. Kelas-kelas berbeda dalam aspek fisik dan kimia kurma juga memainkan peran yang vital dalam menaikkan harga kurma. Selain dari aspek nutrisi dan beragam bentuk kurma, ukuran, warna, ketebalan, kelembutan, dan tingkat rasa manis.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Ekayana
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved