Demi Mencegah Virus Corona, Emirates Lakukan Rapid Test Covid-19 ke Penumpang

Semua penumpang penerbangan rute Dubai-Tunisia pada Rabu (15/4/2020) telah menjalani rapid test Covid-19 sebelum keberangkatan

Dok. Emirates
Penumpang maskapai penerbangan Emirates melakukan rapid test Covid-19 Rabu (15/4/2020) rute penerbangan Dubai-Tunisia.(Dok. Emirates) 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Semakin meluasnya pandemi virus corona, Emirates menjadi maskapai penerbangan pertama di dunia yang melakukan rapid test Covid-19 cepat untuk para penumpang.

Dilansir dari situs resmi Emirates, maskapai penerbangan tersebut berkoordinasi dengan Otoritas Kesehatan Dubai (DHA) dalam rangka memperkenalkan tindakan pencegahan tambahan.

Usai Pandemi Covid-19 Berakhir, Nantinya Berkunjung ke Pantai di Spanyol Akan Lebih Ketat

Seberapa Kuat Paspor Indonesia pada 2020?

Semua penumpang penerbangan rute Dubai-Tunisia pada Rabu (15/4/2020) telah menjalani rapid test Covid-19 sebelum keberangkatan. Tes darah cepat dilakukan oleh Otoritas Kesehatan Dubai (DHA) dan hasilnya terlihat dalam 10 menit. Tes ini dilakukan di area Group check-in Terminal 3 Bandara Internasional Dubai.

“Proses pengujian telah berjalan dengan lancar dan kami ingin mengambil kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Otoritas Kesehatan Dubai atas inisiatif dan solusi inovatif mereka,” jelas Adel Al Redha, Chief Operating Officer Emirates, Rabu (15/4/2020) dikutip dari situs resmi Emirates.

Adel Al Redha juga menyampaikan jika kebijakan ini tidak akan tercapai jika tanpa dukungan dari Bandara Internasional Dubai dan otoritas pemerintah lainnya. “Ini akan memungkinkan kami untuk melakukan tes di tempat dan memberikan konfirmasi langsung untuk penumpang Emirates yang bepergian ke negara-negara yang memerlukan sertifikat uji COVID-19,” ujar Adel Al Redha.

HE Humaid Al Qutami, Direktur Jenderal Otoritas Kesehatan Dubai (DHA), mengatakan jika pihaknya senang dapat bekerja sama dengan Emirates dalam melakukan rapid test Covid-19 di bandara untuk para pelancong yang berangkat. “Untuk mengatasi COVID-19, kami telah secara proaktif bekerja dengan berbagai instansi pemerintah dan sektor kesehatan swasta dan kami telah menerapkan semua langkah yang diperlukan mulai dari perlindungan kesehatan masyarakat hingga penyediaan layanan kesehatan berkualitas tinggi sesuai dengan pedoman internasional terbaru,” jelasnya.

Kebijakan Emirates di tengah pandemi corona

Proses check-in dan boarding maskapai penerbangan Emirates juga telah disesuaikan dengan kebijakan social distancing. Pembatas telah dipasang di setiap meja check-in untuk menjaga jarak antar calon penumpang yang ingin check-in maupun karyawan Emirates.

Sarung tangan, masker, dan pembersih tangan wajib digunakan semua karyawan di bandara. Penumpang juga diharuskan memakai masker mereka sendiri saat berada di bandara dan di atas pesawat. Penumpang juga harus mengikuti panduan jarak sosial.

Layanan penerbangan juga dibatasi untuk alasan kesehatan dan keselamatan, seperti majalah dan bahan bacaan ditiadakan. Sementara makanan dan minuman akan terus ditawarkan di dalam pesawat. Pengemasan dan penyajiannya akan dimodifikasi untuk mengurangi kontak. Bagasi kabin saat ini tidak diterima pada penerbangan.

Barang bawaan yang diperbolehkan di dalam kabin hanya untuk laptop, tas tangan, tas kantor, atau barang bayi. Semua barang lain harus masuk bagasi terdaftar saat check-in. Emirates sendiri akan menambahkan jatah bagasi kabin ke jatah bagasi check-in pelanggan. Semua pesawat Emirates melalui proses pembersihan dan disinfeksi yang ditingkatkan di Dubai.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Emirates Jadi Maskapai Pertama di Dunia yang Jalani Rapid Test Covid-19 ke Penumpang Sebelum Naik Pesawat

Ikuti kami di
Editor: Ekayana
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved