Sering Masak di Rumah Selama Pandemi Corona? Berikut Cara Membekukan Susu di Freezer Agar awet

Jangan pernah cairkan susu beku pada suhu ruangan. Hal tersebut berisiko merusak susu yang dengan susah payah kamu awetkan

pixabay.com/bigfatcat
Ilustrasi susu.(pixabay.com/bigfatcat) 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Susu merupakan jenis minuman yang banyak dikonsumsi masyarakat. Selain diminum langsung, susu menjadi bahan makanan.

Di Indonesia, susu tidak bisa dibilang murah. Mengutip Good Housekeeping, Jumat (10/4/2020), sebenarnya ada cara untuk membuat susu lebih tahan lama yakni dengan cara dibekukan.

Layanan Pesan Antar Terbatas, Restoran Ramen Milik Mantan AKB48 Luncurkan Kupon Online Bayar di Awal

Hari Kuliner Nasional, GoFood Beri Diskon Hingga 70 Persen

Food and Drug Administration (FDA) dari Amerika Serikat merekomendasikan untuk mengonsumsi susu dalam tiga bulan waktu dibekukan. Berikut cara benar menyimpan susu agar bisa awet sampai tiga bulan:

1. Tuang susu ke dalam plastik sebelum dibekukan

Sebelum membekukan susu, pertama periksa terlebih dahulu tanggal kadaluarsa yang ada pada susu. Jika tanggalnya belum lewat, kamu bisa gunakan susu tersebut. Kamu juga bisa periksa dengan mengendusnya. Berbeda dengan air, susu akan mengembang saat beku. Menyimpan susu di dalam botol kaca dan karton, memiliki kemungkinan pecah dan membuat freezer menjadi berantakan nantinya.

Kamu bisa membekukan susu yang berada dalam botol galon plastik. Namun yang direkomendasikan adalah tuang susu ke dalam 2 – 3 plastik yang aman untuk dibekukan. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah proses pencairan susu.

Sayangnya, susu diketahui dapat menyerap aroma makanan apa pun yang disimpan di dekatnya walaupun tempat penyimpanan berbahan tebal. Susu beku paling baik untuk dikonsumsi dalam waktu satu bulan. Ada baiknya kamu juga simpan susu jauh dari ikan beku, daging, dan makanan beraroma tajam lainnya.

2. Cairkan susu dengan menaruhnya ke dalam mangkuk berisikan air dingin

Memindahkan susu dari freezer ke dalam kulkas semalaman memang bisa dilakukan. Namun jika memperhitungkan waktu, terdapat satu cara yang bisa dilakukan. Kamu bisa isi sebuah mangkuk besar dengan air dingin. Selanjutnya, taruh plastik yang berisikan susu beku ke dalam mangkuk. Jika air berubah menjadi hangat, segera ganti kembali menjadi air dingin.

Jangan pernah cairkan susu beku pada suhu ruangan. Hal tersebut berisiko merusak susu yang dengan susah payah kamu awetkan. Susu beku harus segera dikonsumsi dalam dua sampai tiga hari setelah mencair.

3. Susu mengalami perubahan setelah dibekukan

Tidak seluruh susu dapat membeku secara merata. Misalnya, susu berbahan dasar nabati seperti susu almond, oat, kedelai, dan rami. Jenis susu tersebut diketahui akan menjadi kasar setelah dibekukan karena adanya pemisahan lemak. Beda halnya dengan susu biasa seperti susu sapi dan susu kambing. Kedua susu tersebut mungkin akan mengalami pemisahan. Namun karena mereka rendah lemak, susu skim dan susu bebas lemak dapat beku dengan baik.

Kendati susu beku mempertahankan seluruh nutrisi aslinya, namun pemisahan lemak dapat memberi susu tekstur kasar saat dicairkan. Akibatnya, susu beku lebih baik digunakan untuk membuat kue, memasak, dan membuat smoothie dan tidak untuk diminum. Jika kamu ingin menyatukan tekstur susu, kamu hanya perlu taruh susu yang telah dicairkan ke dalam blender untuk mencampur lemak kembali.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Cara Membekukan Susu di Freezer, Bisa Awet Sampai Tiga Bulan

Ikuti kami di
Editor: Ekayana
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved