Kerja di Rumah Tak perlu Ribet, Berikut Tips Memasak Makanan agar Awet Hingga Sebulan

Hal tersebut telah disampaikan Presiden Joko Widodo pada tanggal 16 Maret lalu. Masyarakat dihimbau untu beraktivitas di dalam rumah

Editor: Ekayana
Gulalives
Ilustrasi kuliner Rendang 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Saat pandemi virus corona, pemerintah kini mengambil kebijakan untuk beraktivitas produktif di rumah. Langkah tersebut memang perlu dilakukan untuk menekan penyebaran virus corona atau Covid-19.

Hal tersebut telah disampaikan Presiden Joko Widodo pada tanggal 16 Maret lalu. Masyarakat dihimbau untu beraktivitas di dalam rumah.

Lalu, bagaimana dengan urusan perut? Tak ada salahnya untuk mempersiapkan makanan yang tahan lama bahkan awet berminggu-minggu. Corporate Chef Parador Hotels & Resorts, Gatot Susanto, memberikan tips mengolah makanan yang dapat bertahan lama.

Hindari Virus Corona Meluas, KFC Indonesia Berlakukan Kebijakan Pay n Pick dan Mesin Self Service

Diburu Warga Perancis di Tengah Lockdown, Inilah Roti Baguette yang Lezat

"Sebenernya kalau makanan awet bisa abon, serundeng. Kalau masakan Indonesia timur ada cakalang rica. Rendang juga bisa," jelas Gatot dihubungi Kompas.com, Rabu (18/3/2020). Abon ikan disebutkan Gatot bisa tahan sampai satu bulan apabila disimpan dalam suhu ruangan. Sementara rendang bisa tahan hingga beberapa minggu.

Cakalang rica tak kalah awet, bisa tahan sampai satu bulan. Gatot menyebutkan makanan di atas dapat bertahan lama, kuncinya ada pada cara memasak dan menyimpan makanan dengan benar. Berikut adalah tips memasak beberapa makanan Indonesia agar awet dan layak dikonsumsi dalam waktu lama:

1. Ikan cakalang

Makanan kering atau dry food memiliki tingkat ketahanan yang lebih lama dibanding dengan makanan basah.

Selain itu yang harus dilakukan saat mengolah makanan adalah pastikan makanan yang kamu masak matang merata. "Ikan cakalang itu sebenarnya sudah diasap sehingga sudah awet. Kalau ikan cakalang, tuna itu dagingnya bukan white meat," jelas Gatot.

Ia menyebutkan lain cerita dengan ikan berdaging putih contohnya ikan kerapu. Ikan berdaging putih memiliki daging lembut, mudah hancur, sehingga tidak awet untuk disimpan lama. Ikan cakalang memiliki tekstur daging lebih padat sampai bisa disuir.

Gatot menyarankan ikan cakalang dapat diolah menjadi abon atau cakalang rica. "Kalau cakalang rica ikannya digoreng kering kemudian sambal ricanya dan dimasak. Sambalnya tidak mentah atau disiram air panas tetapi benar-benar dimasak," ujar Gatot.

2. Kering kentang

Selain ikan ada juga umbi-umbian seperti kentang yang bisa diolah menjadi kering kentang dan tahan lama. "Saat masak kering kentang jangan sampai lembek dan meninggalkan bagian yang masih mentah," jelas Gatot.

3. Rendang

Kamu bisa memasak rendang dan pastikan dahulu jika rendangnya matang dan bumbunya meresap hingga ke dalam daging. Setidaknya proses memasak agar matang dan bumbu meresap sempurna memakan waktu lebih dari 8 jam.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Tips Memasak Makanan agar Awet, Bisa Disimpan Sampai Sebulan

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved