Jadi Tantangan Master Chef Indonesia, Begini Jenis Ikan Kinki yang Ternyata Berharga Mahal

Tantangan ini semakin sulit karena harus mengikuti secara langsung setiap langkah memasak yang dilakukan Chef Juna

syosaku-japan.com
Kinki Fish (syosaku-japan.com) 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Ikan kinki sempat menjadi bahan utama untuk tantangan MasterChef Indonesia pada episode yang tayang Sabtu (7/3/2020). Tiga besar peserta MasterChef Indonesia harus mengolah ikan kinki jadi lima masakan berbeda khas Jepang.

Sekul Jemblung, Makanan Ala Bangsawan yang Jadi Favorit di Resto Wangi

Saat Cuaca Semakin Dingin, Jenis Makanan Ini Dapat Diandalkan Untuk Menghangatkan Tubuh

Tantangan ini semakin sulit karena harus mengikuti secara langsung setiap langkah memasak yang dilakukan Chef Juna.

Namun apa itu ikan kinki yang juga disebut-sebut punya harga yang mahal? Ikan kinki merupakan ikan yang terkenal di Jepang. Dalam Bahasa Jepang, ikan ini disebut kichiji dalam bahasa yang lebih formal. Namun di pasar lebih dikenal dengan nama kinki. 

Ikan shortspine thornyhead (Sebastolobus alascanus) ini jika dalam Bahasa Inggris, sering juga disebut sebagai channel rockfish atau idiot fish. Disebut idiot fish karena matanya yang besar. Dilansir dari situs Syosaku Japan, ikan kinki jadi ikan yang sangat eksklusif dengan warna merahnya yang sangat cantik dan berkilau.

Ikan kinki juga memiliki harga yang sangat mahal. Pasalnya, selain karena warnanya yang cantik, ikan kinki juga terkenal memiliki daging yang sangat nikmat.

Rasa manis yang pekat

Ikan kinki punya daging yang berlemak dan lengas dengan rasa manis yang pekat. Daging putih yang berlemak itu konon akan terasa sangat nikmat di mulut, dengan rasa manis yang pekat.

Selain dari rasanya, ikan kinki juga sulit untuk didapatkan. Di Jepang sendiri, ikan kinki hanya bisa ditangkap di bagian utara Jepang. Hokkaido jadi daerah yang paling banyak terdapat ikan kinki.

Sulit ditemukan

Ikan kinki juga punya siklus reproduksi yang lambat dan waktu tumbuh yang cukup panjang. Maka dari itu seringkali ikan kinki sulit ditemukan. Ikan kinki yang ditangkap dengan cara dipancing akan punya harga yang lebih mahal daripada ikan kinki yang ditangkap dengan jaring.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Ekayana
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved