Buah Durian yang Jatuh Dari Pohon Dianggap Lebih Enak, Mengapa?

proses pemasakan buah durian sebenarnya telah berlangsung sejak masih menggantung di pohon

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia
Durian Monti sebagai ikon durian Gunung Pati, Semarang, yang dipajang dalam pameran durian unggul di acara Semarang Festival Durian 2017, Sabtu (25/2/2017) 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM, SOLO - Masyarakat banyak yang mempervayai jika makan durian yang baru jatuh dari pohon akan memberikan sensasi rasa berbeda.

Durian akan terasa lebih nikmat dan segar, begitu kabarnya. Sampai para pencinta durian, rela berburu ke hutan, kebun, atau agrowisata untuk mencari durian jatuh pohon.

Sensasi Durian Asal Semarang, Miliki Rasa Unik Dari Pahit Hingga Legit

Saat Cuaca Semakin Dingin, Jenis Makanan Ini Dapat Diandalkan Untuk Menghangatkan Tubuh

Apakah benar durian jatuh dari pohon punya yang paling nikmat? Ketua Yayasan Durian Nusantara, Mohamad Reza Tirtawinata, mengatakan saat durian jatuh dari pohon saat itu jugalah proses fermentasi dimulai. Proses fermentasi ini mengubah rasa dalam daging durian.

“Umumnya begitu karena sebelum jatuh dia masih dominan karbohidrat. Begitu dia lepas dari pohon, menggantung atau jatuh, itu enzim akan mengubah karbohidrat jadi gula,” jelas Reza ketika ditemui Kompas.com di Bogor, Rabu (29/01/2020).

Reza menyebutkan proses pemasakan buah durian sebenarnya telah berlangsung sejak masih menggantung di pohon.

Namun proses fermentasi pada daging yang menghasilkan rasa manis durian. Sebabnya, proses fermentasi ini mengubah karbohidrat menjadi gula. Inilah alasan mengapa durian jatuh dari pohon terasa begitu nikmat. Untuk mendapat rasa durian paling nikmat, jangan juga ketika durian jatuh langsung dimakan. Reza memberi saran, tunggulah minimal satu hari satu malam untuk rasa durian yang lebih lebih nikmat.

“Wuah (rasanya) luar biasa. Kalau dua kali 24 jam itu sudah maksimal. Karbohidrat hampir enggak ada semuanya sudah jadi gula. Kalau lebih lama dari itu gulanya sudah berubah jadi alkohol, ada rasa pahitnya.” Apabila kamu makan buah durian di kebun atau agrowisata, kamu bisa bertanya kira-kira kapan buah tersebut telah jatuh.

Perkirakan waktu jatuh durian, jika disebutkan baru saja jatuh belum satu kali 24 jam, bolehlah dibeli untuk jadi buah tangan. Jika sudah mencapai satu kali 24 jam, segera makan di tempat.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Mengapa Durian Jatuh dari Pohon Lebih Lezat?

Ikuti kami di
Editor: Ekayana
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved