Permandian Air Panas Tertua dan Terpopuler di Jepang, Dogo Onsen

Bentuk asli bangunan berlantai tiga itu masih dipertahankan hingga kini

kompas.com
Bangunan luar Dogo Onsen di Kota Matsuyama, Prefektur Ehime, Jepang.(dogo.jp) 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM, SOLO - Berlibur ke Jepang tak lengkap rasanya jika belum merasakan berendam air panas yang berasal dari alam alias onsen. Ada banyak onsen di Jepang.

Jika berlibur di Kota Matsuyama, Prefektur Ehime, Anda bisa mengunjungi Dogo Onsen, permandian air panas tertua dan terpopuler di Jepang. Dogo Onsen dibangun pada 1894.

Hostel di Jepang ini Tawarkan Sensasi Jadi Anak Sekolah, Menghinap di Ruang Kelas dan Dijemput Bis

Traveling ke Jepang? Coba Menginap di Hotel kapsul Shibuya Ini, Dilengkapi Dengan Bir Gratis

Namun, sejarah Dogo Onsen tercatat sudah dimulai sejak 3.000 tahun lalu. Bentuk asli bangunan berlantai tiga itu masih dipertahankan hingga kini. Lantaran bersejarah, Dogo Onsen ditetapkan oleh Jepang sebagai aset budaya nasional. Saya diajak mengunjungi Dogo Onsen di sela tur Shimanami Kaido, beberapa waktu lalu.

Bangunan Dogo Onsen mayoritas menggunakan material kayu. Di dalamnya terdapat banyak ruangan untuk berendam maupun bersantai. Tinggal pilih, mau menyewa ruangan privat atau umum. Ruangan privat dikenakan tarif 1.550 yen (sekitar Rp 200.000) untuk aktivitas selama 1 jam 20 menit.

Salah satu ruangan untuk berendam air panas di Dogo Onsen di Kota Matsuyama, Prefektur Ehime, Jepang.(dogo.jp)
Salah satu ruangan untuk berendam air panas di Dogo Onsen di Kota Matsuyama, Prefektur Ehime, Jepang.(dogo.jp) (kompas.com)

Sementara ruangan umum dikenakan tarif 1.250 yen (sekitar Rp 160.000) untuk aktivitas selama satu jam. Berendam di Dogo Onsen sama seperti berendam di onsen pada umumnya, yakni harus tanpa pakaian. Jangan khawatir, ruangan untuk pria dan perempuan dipisah.

Setelah puas berendam, pengunjung bisa rileks di ruangan untuk bersantai. Di sana, pengunjung dipinjamkan yukata atau pakaian tradisional Jepang serta handuk. Disuguhkan pula teh hijau dan kue beras.

Khasiat Onsen

Kepercayaan masyarakat Jepang, berendam di onsen dapat menyegarkan pikiran dan jiwa. Selain itu, dapat menyembuhkan sakit sendi dan otot hingga meremajakan kulit.

Ada beberapa cerita legenda mengenai khasiat Dogo Onsen. Dikisahkan, dahulu ada seekor burung bangau sering datang untuk merendam kakinya yang terluka. Setiap hari, burung itu merendam kakinya di sumber air panas yang menyembur dari bebatuan. Akhirnya, kaki burung bangau itu sembuh dan kembali terbang sekuat sebelumnya.

Orang-orang yang melihat hal itu kemudian mengikuti dan merasakan khasiatnya. Sejak saat itu, air panas di sana menjadi populer. Patung burung bangau pun dipasang di Dogo Onsen. Cerita lainnya, ada seorang dewa membawa dewa lain yang sedang sakit. Setelah berendam di air panas, dewa tersebut pulih.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Ekayana
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved