Pameran Leonardo Da Vinci di Museum Mandiri, Berikut 5 Lukisan Legendaris yang Wajib Ditonton

Dari 17 lukisan yang dipamerkan, terdapat lima Lukisan Leonardo Da Vinci terkenal

kompas.com/Andra Prabasari
Lukisan Leonardo Da Vinci yang berjudul The Last Supper di pamerkan di Museum Mandiri (Andra Prabasari ) 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM, SOLO - Lukisan Leonardo da Vinci format digital dipamerkan di Museum Mandiri, Jakarta, tanggal 6 Februari hingga 3 Maret 2020. Pameran lukisan karya Leonardo da Vinci, "Leonardo Opera Omnia", dibuka dalam rangka mengenang 500 tahun wafatnya Leonardo da Vinci, serta memperkuat hubungan diplomatik bilateral antara Italia dan Indonesia.

Lukisan yang dipamerkan merupakan replika dari karya Leonardo yang dibuat secara digital dengan kualitas tinggi sesuai dengan ukuran aslinya, sehingga pengunjung seakan-akan merasakan emosi yang terdapat dilukisan tersebut.

Dari 17 lukisan yang dipamerkan, terdapat lima Lukisan Leonardo Da Vinci terkenal dan menyimpan cerita sejarah yang kerap masih diperdebatkan oleh sejarahwan. Di antaranya adalah:

1. Mona Lisa

Lukisan Replika Monalisa yang dipamerkan di Museum Mandiri (Andra Prabasari)
Lukisan Replika Monalisa yang dipamerkan di Museum Mandiri (Andra Prabasari) (kompas.com/Andra Prabasari)

Mona Lisa merupakan salah satu lukisan paling terkanal di dunia yang dibuat pada tahun 1503. Lukisan ini menggambarkan sosok perempuan yang tersenyum tipis dan mengenakan kerudung tipis. Dengan pakaian dan latar belakang gelap, lukisan ini mampu menarik pengunjung yang mengunjungi pameran yang diadakan di Museum Mandiri.

Lukisan ini banyak menyimpan misteri. Banyak orang percaya bahwa sosok Mona Lisa merupakan gadis Giuliano de’ Medici, yang merupakan bapak baptis Da Vinci. Ada juga yang menyebut bahwa Mona Lisa merupakan Ratu Milan.

Ada pula yang beranggapan bahwa Monalisa merupakan seorang laki-laki. Hal ini juga masih terus diperbincangkan oleh kritikus dan sastrawan karena lukisan ini tidak mempunyai bulu mata. Tak adanya bulu mata menimbulkan tanda tanya karena lukisan Leonardo Da Vinci rata-rata dibuat dengan detail.

2. The Last Supper

Lukisan Leonardo Da Vinci yang berjudul The Last Supper di pamerkan di Museum Mandiri (Andra Prabasari )
Lukisan Leonardo Da Vinci yang berjudul The Last Supper di pamerkan di Museum Mandiri (Andra Prabasari ) (kompas.com/Andra Prabasari)

Lukisan The Last Supper merupakan lukisan yang menceritakan Perjamuan Terakhir beradasarkan kisah dari Alkitab. Menurut keterangan yang tertulis, lukisan ini menceritakan tentang hubungan Yesus berserta 12 murid-Nya yang sedang mengadakan perjamuan terakhir.

Pada momen ini, Yesus menyatakan bahwa salah satu murid akan mengkhianati diri-Nya.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Ekayana
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved