Tak Suka Manis, Berikut Tips Mengolah Cokelat Jadi Hidangan Lezat

Walau identik diolah jadi dessert, cokelat juga ternyata bisa diolah jadi makanan gurih (savory)

Shutterstock
Ilustrasi steak dengan lapisan cokelat(Dok. Shutterstock) 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM, SOLO - Cokelat biasanya jadi menu andalan dalam hal sajian khas Valentine seperti permen cokelat atau kue cokelat. Namun buat kamu yang tidak terlalu suka makanan manis, jangan khawatir. Masih ada cara untuk nikmati cokelat yang tak manis.

Walau identik diolah jadi dessert, cokelat juga ternyata bisa diolah jadi makanan gurih (savory). Mulai dari campuran berbagai olahan juga lapisan untuk daging seperti halnya kopi.

Awal Mula Cokelat Identik dengan Valentine

Mengenal Lebih Jauh Asal Usul Cokelat

“Iya cokelat sangat bisa digunakan dalam makanan savory. Biasanya menggunakan cokelat Meksiko yang punya rasa rempah.

Bisa juga pakai cacao nibs untuk lapisan protein sebelum dimasak,” jelas Executive Chef diMare Restaurant Karma Kandara Resort Bali, Joseph Antonishek pada Kompas.com.

Sebagai informasi, cacao nibs adalah biji cokelat yang telah melalui proses penghancuran tapi tidak terlalu banyak hingga menjadi bubuk. Cacao nibs sering dimakan langsung sebagai camilan atau bisa juga diolah lagi.

Jenis cokelat yang digunakan untuk makanan gurih biasanya adalah dark chocolate. Pasalnya, dark chocolate punya kandungan cokelat paling tinggi dibanding cokelat lain seperti milk chocolate. Semakin tinggi kandungan cokelat, semakin pahit rasanya, maka akan semakin baik proses memasaknya. Berikut ini tips memasak makanan dengan cokelat:

1. Lapisan untuk daging

Steak daging sapi ada yang menggunakan beberapa bumbu untuk melapisi bagian luarnya sebelum dimasak. Lapisan ini yang akan memberikan rasa tambahan pada daging tersebut. Biasanya, kopi digunakan sebagai lapisan daging.

Namun ternyata kamu juga bisa menggunakan cokelat sebagai lapisan daging. Cokelat yang digunakan umumnya adalah jenis cokelat baking. Misalnya, untuk resep sirloin steak bisa menggunakan campuran cokelat baking, saus worcestershire, garam, dan gula merah.

2. Chili cokelat

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Ekayana
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved