Tak Sama, Berikut Perbedaan Vegan dan Vegetarian

Tidak semua pelaku vegetarian hanya menyantap sayur, ada juga yang menyantap daging atau produk turunan hewani

google.com
jenis makanan vegetarian 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM, SOLO - Masyarakat kerap menyebut orang yang tidak memakan daging sebagai vegetarian. Masyarakat seringkali menyebut seorang vegetarian sebagai vegan. Faktanya, vegan dan vegertarian adalah dua hal yang berbeda, bahkan hari perayaannya juga berbeda.

Tidak semua pelaku vegetarian hanya menyantap sayur, ada juga yang menyantap daging atau produk turunan hewani.

Ingin Coba Menikmati Makanan Pedas? Berikut 4 Tips Makan Pedas Bagi Pemula

Cukup Populer di Indonesia, Bakmi Ternyata Bukan Makanan Asli Indonesia

Dikutip dari situs seba-serbi makanan luar negeri, www.food.ndtv.com, seorang vegetarian adalah seseorang yang tidak makan daging atau mengkonsumsi segala jenis produk hewani. Seorang vegetarian tidak memakan segala daging hewan, tetapi mereka mengkonsumsi produk susu seperti susu dan telur.

Sedangkan, vegan mengambil langkah lebih maju dari pada vegetarian. Sama seperti vegetarian, vegan juga tidak memakan daging hewan apapun. Namun, mereka juga tidak mengkonsumsi produk-produk hewani seperti telur dan barang-barang yang diolah dari susu (keju, yogurt, mentega, dll).

Sekarang kisaran ini tidak terbatas hanya untuk vegan dan vegetarian tetapi juga untuk berbagai sub-kategori yang berada di bawahnya: Tipe – tipe vegetarian Jelas bahwa definisi seorang vegetarian tidak berhenti pada konsumsi daging. Ternyata, ada empat jenis vegetarian yang berbeda :

1. Lacto ovo vegetarian: ini mengacu pada diet yang tidak termasuk daging atau daging tetapi mungkin termasuk telur dan susu (produk susu).

2. Ovo vegetarian: mereka yang mengkonsumsi hanya telur sebagai produk susu tunggal atau vegetarian yang memasukkan semua produk susu seperti susu, yogurt, krim dan lainnya tetapi tidak termasuk makan telur dari makanan mereka.

3. Demi vegetarian: mereka mengkonsumsi ikan, telur, produk susu lainnya tetapi tidak untuk daging.

4. Semi vegetarian: sekelompok vegetarian lainnya yang terkadang secara sukarela mengendalikan asupan daging mereka.

Tipe – tipe vegan

Vegan juga dikategorikan ke dalam berbagai jenis :

1. Vegan etis : Mereka adalah vegan dengan populasi paling banyak di dunia. Kelompok ini lebih mengedepankan etika mereka alih-alih perut mereka dan mewarisi cinta dan perhatian mereka terhadap hewan dan lingkungan. Vegan yang beretika tidak mengkonsumsi produk susu seperti susu, telur, keju, madu. Mereka juga menghindari penggunaan produk apa pun yang dibuat oleh kulit binatang atau bagiannya.

2. Vegan Berbasis Tumbuhan: Mereka melanjutkan hidup dengan makanan nabati, yang tumbuh dari tanah saja.

3. Vegan Mentah: Mereka tidak memakan produk hasil hewan apa pun dan apa pun yang dimasak di atas suhu 115 derajat Fahrenheit karena mereka percaya bahwa makanan tersebut akan kehilangan nutrisi dan enzim sepenuhnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Vegan dan Vegetarian Itu Berbeda, Yuk Cari Tahu Bedanya", https://travel.kompas.com/read/2019/10/01/190000127/vegan-dan-vegetarian-itu-berbeda-yuk-cari-tahu-bedanya?page=2.
Penulis : Albert Supargo
Editor : Silvita Agmasari

Ikuti kami di
Editor: Ekayana
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved