Cara Dapatkan Late Check-out saat Menginap di Hotel

Situasi semacam itu disebut late check out. Tamu bisa tinggal lebih lama di dalam kamar atas persetujuan dari pihak hotel

pexels.com
Ilustrasi kamar hotel. 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM, SOLO - Saat anda menginap di hotel, mayoritas tamu diwajibkan untuk check-out pada pukul 12.00.

Namun, tamu bisa tinggal lebih lama beberapa jam di kamar hotel atas alasan yang mendesak atau keperluan tertentu. Situasi semacam itu disebut late check out. Tamu bisa tinggal lebih lama di dalam kamar atas persetujuan dari pihak hotel.

Hotel Virtual di Jogja Diduga Jadi Alasan Tingkat Hunian Hotel di Yogyakarta Tidak Capai Target

Ingin Menginap Bareng Teman Satu Geng di Hotel? Berikut 4 Tips Aman Menginap Ramai Ramai

Kompas.com berbincang dengan Astrin Christina, Corporate Asst. Manager Operations System Santika Group, seputar fasilitas late check-out.

1. Check-in telat

"Kalau ada tamu yang minta, late check-out biasanya akan terkabul kalau tamu yang check-in datang agak terlambat," kata Astrin saat ditemui di Melawai, Jakarta, Senin (20/1/2020). Pihak hotel akan mengkonfirmasi kedatangan tamu, jika tamu datang terlambat, maka kamar tersebut bisa untuk late check-out. "Misal datang jam empat berarti kamar tersebut bisa late check-out sampai jam dua,” papar Astrin. Baca juga: 4 Tips Seputar Early Check-In, Salah Satunya Biaya Tambahan

2. Tanya okupansi hotel

Tingkat okupansi hotel juga menentukan apakah tamu bisa menikmati fasilitas late check-out. Jika hotel penuh maka pihak hotel akan membatasi fasilitas late check out yang diminta oleh pengunjung.

Astrin mengungkapkan, jika pengunjung meminta late check-out pada pukul 12 hingga satu siang, biasanya terbebas dari biaya tambahan yang diterapkan hotel.

3. Tidak lebih dari pukul enam sore

Late check-out bisa dilakukan maksimal hingga pukul enam sore. Jika masuk pukul setengah tujuh malam, tamu sudah dikenakan biaya biaya tambahan satu malam. Tamu akan diingatkan untuk segera meninggalkan kamar sebelum pukul enam sore. Adapun biaya yang dipatuk untuk fasilitas late check-out mulai dari 50 persen dari harga kamar yang ditempati.

"Kalau pesan hotel lewat aplikasi booking, harganya tidak segitu, tapi balik lagi, harga yang dipatok dalam hotel tersebut, minimal 50 persen," ujar Asrtin.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Apa Itu Late Check-out? Simak Tips Cara Mendapatkannya

Ikuti kami di
Editor: Ekayana
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved