Belajar Mengenal Keris di Museum Keris Solo, Dari Proses Pembuatan Hingga Sejarah

Di setiap keris yang terpajang, pengelola juga memasang keterangan berupa jenis, dhapur, pamor, tangguh, warangka, pendhok, mendak, ukiran, serta asal

TRIBUNSOLO.COM/GALUH PALUPI
Museum Keris di Jl Bhayangkara, Sriwedari, Solo, Jateng, ini merupakan gedung baru. 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM, SOLO - Solo dikenal sebagai pusat budaya Jawa dengan branding "Solo Spirit of Java".

Nah, salah satu tempat yang tak boleh dilewatkan yakni Museum Keris Nusantara Kota Surakarta.

Keris saat ini telah diresmikan sebagai warisan budaya tak benda oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada tahun 2010 lalu.

Kini ribuan keris menjadi koleksi di bangunan berlantai empat di Jl.Bhayangkara No, 2, Sriwedari, Solo.

Ribuan keris tersebut terpajang di Museum Keris Nusantara yang diresmikan Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) pada pada Rabu (9/8/2017) lalu.

Di museum keris ini pengunjung dapat belajar berbagai  hal mengenai berbagai hal mengenai keris.

Seorang pengunjung Museum Keris, Jumat (26/10/2018), mengabadikan Keris Kiai Tengara, koleksi yang beberapa waktu lalu dihibahkan Presiden Joko Widodo ke Museum Keris
Seorang pengunjung Museum Keris, Jumat (26/10/2018), mengabadikan Keris Kiai Tengara, koleksi yang beberapa waktu lalu dihibahkan Presiden Joko Widodo ke Museum Keris (TRIBUNSOLO.COM/NOORCHASANAH ANASTASIA)

Beranjak memasuki ruangan di lantai pertama museum, pengunjung bisa mengisi daftar tamu sebagai administrasi. Selain itu, ada pula papan informasi mengenai penyebaran senjata di dunia.

Saat naik ke lantai II yang diberinama purwaning wacana, tempat ini adalah sumber literasi bab perkerisan. Sejumlah keris hibah dipajang berdampingan dengan informasi tentang eksistensi keris di masyarakat dan pengertian anatomi keris.

Di setiap keris yang terpajang, pengelola juga memasang keterangan berupa jenis, dhapur, pamor, tangguh, warangka, pendhok, mendak, ukiran, serta asal koleksi.

Jika dijabarkan, dhapur adalah ragam bentuk atau tipe keris. Pamor artinya pengertian gambaran tertentu berupa garis, lengkung, lingkaran, noda, titik, atau motif pada permukaan bilah keris.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Ekayana
Editor: Ekayana
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved