Tips Berguna

Tak Perlu Panik, Berikut Hal Hal yang Dapat dilakukan Saat Bertemu Ubur-Ubur di Laut

Ia menjelaskan bahwa ada ubur-ubur yang memiliki sengatan yang ringan dan yang berat atau fatal

Editor: Ekayana
google.com
ilustrasi berenang dengan ubur-ubur 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM, SOLO - Bagaimana jika di tengah-tengah kita menyelam lalu ada ubur-ubur mendekat? Dari 2.000 spesies ubur-ubur, sekitar 70 spesies tergolong membahayakan atau mampu membunuh orang.

“Kalau ubur-ubur kan akan terbawa oleh arus, geraknya relatif ke mana arus itu menggiringnya, jadi biasanya melawan arus saja,” jelas Dokter Hewan Lucia Rachmawati dari unit Animal Healt Care Seaworld Ancol saat ditemui di Sea World Ancol, Jakarta, baru-baru ini.

Berenang di Laut Nyatanya Menyehatkan, Berikut 5 Manfaat Berenang di Laut

Tak Perlu ke Hotel Mahal, di Soko Guru Wisatawan Bisa Berenang Sembari Nikmati Suasana Pegunungan

Ia menjelaskan bahwa ada ubur-ubur yang memiliki sengatan yang ringan dan yang berat atau fatal.

Semua itu tergantung dari spesies ubur-uburnya. Sengatan yang ditimbulkan ada yang ringan dan juga berat. “Ubur-ubur ada yang sengatan ringan ada yang sengatan yang sangat fatal. Yang sengatan ringan hanya meninbulkan gatal-gatal dan perih biasa, kalau sengatan parah bisa sampai fatal akibatnya,” paparnya.

Lucia memberikan tips untuk menyembuhkan sengatan ringan yaitu dengan air cuka. “Dengan air cuka, jadi larutan cuka yang 3 persen itu.

Luka setelah disengat dapat dicuci dengan air cuka. Itu untuk sengatan yang ringan namun jika yang berat harus dibawa ke rumah sakit karena itu fatal,” ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, jika tidak ingin menanggung resiko, lebih baik ketika menyelam hindari kontak dari ubur-ubur. “Sebenarnya jangan pegang, jangan kontak. Karena ubur-ubur tidak punya otak, dia tidak berpikir siapa lawannya jadi langsung mengeluarkan sengatannya,” jelas Lucia.

“Hindari saja, kalau mau tetep berenang hindari saja dengan tempat yang berbeda. Hindari arusnya karena dia akan terbawa arus,” lanjut Lucia.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Hati-hati! Lakukan Hal Ini Jika Bertemu Ubur-Ubur Saat Menyelam

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved