Mengapa Es Kopi Susu Mudah Diterima Lidah Orang Indonesia?

es kopi susu begitu populer di Indonesia karena adanya beberapa rasa yang dianggap familiar dengan jajanan yang mudah ditemukan sehari-hari

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM/EKA FITRIANI
aneka jenis kopi khas Sudirman Kitchen 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM, SOLO - Tren es kopi susu saat ini terus meningkat selama beberapa tahun belakangan Indonesia.

Kedai kopipun banyak kedai kopi banyak bermunculan dan menawarkan racikan khas es kopi susu untuk para pelanggan. Lantas, mengapa es kopi susu begitu populer dan mudah diterima lidah orang Indonesia? 

Konsep Kedai Kopi Grab and Go Kian Populer, Ada Apa?

7 Langkah Memesan Kopi di Starbucks, Khusus Buat Kamu yang Baru Pertama Kali

Menurut owner Kopi Tuku Andanu Prasetyo, es kopi susu begitu populer di Indonesia karena adanya beberapa rasa yang dianggap familiar dengan jajanan yang mudah ditemukan sehari-hari.

"Saya lihat cendol di jalan pakai gula merah. Ada banyak jajanan yang pakai kelapa dan gula merah. Jadi itu relevan dengan rasa kopi susu yang menggunakan gula merah," jelas pria yang akrab disapa Tyo ini ketika ditemui Kompas.com di M Bloc Space, Jakarta, Senin (20/1/2020).

Tyo, melalui Kopi Tuku mengaku telah melakukan riset dengan bertanya pada orang-orang tentang cita rasa kopi seperti apa yang mereka inginkan. Menurutnya, orang Indonesia menginginkan kopi yang tidak terlalu asam, dengan medium dark roast.

Ia pun menggunakan biji arabika untuk memajukan kopi Indonesia. Ternyata, ia juga menemukan, orang-orang menyukai kopi yang dingin dan manis, serta harganya pun harus cukup murah. Dari sana, Tyo pun memiliki gagasan dan berusaha agar orang-orang bisa memperoleh kopi dengan mudah dan murah. Jadilah es kopi susu ala Tuku.

Sementara itu, menurut Yoshua Tanu, Founder dari Jago Coffee dan Common Grounds Coffee, tren es kopi susu diprediksi akan terus menguat. Bahkan, kopi susu pun bisa jadi trademark Indonesia di mata dunia. "Indonesia punya banyak macam kopi. Dengan edukasi mengenai kopi, kita bisa mengembangkan kultur, bahwa es kopi susu ini adalah khas Indonesia," tutup Yoshua.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Alasan Es Kopi Susu Mudah Diterima Lidah Orang Indonesia

Ikuti kami di
Editor: Ekayana
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved