Tips Berguna

Berikut Saat Tepat Menyusun itinerary

Hal tersebut dilakukan agar kamu mendapatkan bayangan tempat seperti apa dan kegiatan apa yang menarik untuk dikunjungi

Editor: Ekayana
google.com
ilustrasi solo traveling 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM, SOLO - Sebelum melakukan perjalanan, tentunya akan menyiapkan rangkaian perjalanan atau itinerary terlebih dahulu.

Hal tersebut dilakukan agar kamu mendapatkan bayangan tempat seperti apa dan kegiatan apa yang menarik untuk dikunjungi. Bagi kamu yang ingin menyusun, perlu diketahui jika ada waktu ideal menyusun itinerary.

Solo Traveling Jadi Tren, Berikut Negara Yang Kerap Jadi Incaran Wisatawan

Kolam Renang Pesona Alam Tirta Klaten Jadi Favorit Traveler Buat Selfie

“Agar perencanaannya matang, biasanya itinerary sudah disusun dari 6 bulan sebelum waktu pergi. Ini juga karena mengejar promo tiket pesawat,” kata travel influencer dan pemilik akun Instagram kartuposinsta Kenny Santana. Hal itu diungkapkan saat ditemui Kompas.com dalam acara peluncuran Travel Insider United Overseas Bank (UOB) di UOB Plaza, Jakarta, Senin (20/1/2020).

Kenny juga menambahkan, dengan memberi jarak 6 bulan, kamu bisa melakukan riset lebih banyak terkait tempat yang dituju. Riset dapat kamu lakukan melalui media sosial seperti Instagram atau situs wisata lain yang tersebar di internet.

Bahkan, omongan mulut ke mulut juga dapat dijadikan sebagai referensi, sehingga kamu akan terinspirasi untuk mengunjungi tempat yang sedang dibicarakan. Melalui riset tempat tujuan yang Kenny sebutkan, kamu juga akan mendapatkan kesempatan untuk menemui tempat yang jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Dengan begitu, perjalananmu selama di sana akan lebih menyenangkan. Bahkan kamu bisa jadi wisatawan pertama yang berkunjung ke tempat tersebut. "Planning dapat menumbuhkan pleasure (kesenangan) tersendiri," tutur Kenny. Kenny menambahkan, bepergian secara spontan memiliki waktu idealnya sendiri dalam menyusun perencanaan.

Waktu ideal tersebut adalah sebulan sebelum melakukan perjalanan. Meski kamu ingin bepergian secara spontan, kamu tetap harus melakukan perencanaan, terlebih lagi ke tempat yang mengharuskanmu untuk memesan tiket pesawat dan penginapan.

Sebab, ketika kamu secara spontan langsung mendatangi tempat tujuan akan ada kemungkinan apa yang kamu harapkan tidak tercapai. Beberapa di antaranya adalah mendapatkan penginapan yang memiliki kamar kosong, atau tempat wisata yang masih buka.

Sementara untuk staycation, Kenny menyarankan untuk merencanakannya kurang lebih dua minggu sebelumnya. Sama seperti perjalanan terencana dan perjalanan spontan, kamu juga perlu melakukan riset terkait apa yang bisa dilakukan di penginapan sepanjang staycation.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Kapan Waktu Tepat Menyusun Itinerary?

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved