Berkenalan dengan Menu Asal Cina, Nasi Goreng Yan Chow

Nasi goreng yan chow memiliki rasa dan cara masak yang berbeda dari nasi goreng di Indonesia pada umumnya

SYIFA NURI KHAIRUNNISA
Nasi goreng yan chow dan ayam goreng char siu di Restoran Suasana 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM, SOLO - Diantara puluhan jenis masakan Cina, jenis kuliner nasi gorengnya menjadi salah satu yang cukup istimewa.

Jenis kuliner tersebut yakni nasi goreng yan chow merupakan nasi goreng ala China yang dimasak menggunakan wok, sejenis penggorengan besar berbentuk bulat.

Nasi goreng yan chow memiliki rasa dan cara masak yang berbeda dari nasi goreng di Indonesia pada umumnya. Nasi goreng yan chow bisa kamu temukan jadi salah satu rangkaian menu spesial Imlek di Restoran Suasana.

Festival Kuliner Akan Kembali digelar, Tahun Ini Akan Ada di Moskow Rusia

Mengenal Cara Memasak Khas Papua, Pertahankan Gizi Makanan Tanpa Harus Digoreng

Ada yang unik dari nasi goreng yan chow ala Restoran Suasana. Di atas nasi goreng yang panas mengepul, diletakkan potongan ayam goreng berwarna merah keunguan. Ayam tersebut adalah ayam goreng char siu.

“Nasi goreng yan chow ini pembuatannya ala chinese food. Jadi rasanya beda, lalu dikasih topping ayam char siu yang pembuatannya juga agak beda dari ayam char siu biasanya,” ujar Chef Hendra Kurniawan, Executive Chef Restoran Suasana ketika ditemui Kompas.com pada Jumat (10/01/2020).

Menurutnya, hidangan ini mengkombinasikan gaya Indonesia dan China. Nasi goreng yan chow ala Restoran Suasana memiliki rasa khas chinese food yang cukup kental. Bedanya dengan nasi goreng khas Indonesia Dari tekstur telur di dalam campuran nasi goreng, terlihat cukup hancur. Tekstur telur ini jadi salah satu pembeda antara nasi goreng ala China dan ala Indonesia.

“Kalau ala China, telurnya setelah dimasukkan ke penggorengan langsung dihancurkan dan diaduk dengan nasi. Beda kalau Indonesia kan dimatangkan dulu telurnya. Telurnya yang jadi pengikat rasa,” jelas Hendra. Nasi goreng ini memiliki rasa yang cukup khas. Tidak menggunakan kecap manis seperti nasi goreng Indonesia.

Jadi, nasi goreng ini punya rasa yang gurih. Rasa manis terasa dari adanya sayuran kecil berupa potongan wortel dan kacang polong. Rasa nasi goreng menjadi lebih nikmat ketika dimakan bersamaan dengan potongan ayam char siu.

Potongan paha ayam berwarna merah keunguan ini terasa garing dan sedikit manis. Lemak yang terdapat di dalamnya memberikan sedikit sentuhan gurih yang memberi cita rasa khas. Ada sedikit rasa kesat yang tersisa di mulut setelah memakannya.

“ Ayam char siu ini pakai metode masak ala chinese dikombinasikan dengan ala Indonesia juga. Bumbunya pakai bumbu khusus char siu, bentuknya pasta lalu dimarinasi ke ayamnya selama semalaman,” jelas Hendra.

Setelah ayam dimarinasi semalaman. Kemudian, ayam digoreng dengan cara deep fried hingga matang. Cara masak seperti ini yang agak membedakan dengan cara masak ala China yang biasanya dipanggang.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Nasi Goreng Yan Chow khas China, Bedanya dengan Nasi Goreng Indonesia

Ikuti kami di
Editor: Ekayana
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved