Berenang di Laut Nyatanya Menyehatkan, Berikut 5 Manfaat Berenang di Laut

Sejumlah penelitian mengungkapkan berbagai manfaat air laut untuk kesehatan. Hal tersebut karena air laut kaya akan mineral, sepert natrium

google.com
ilustrasi berenang di laut 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM, SOLO - Berenang di air laut saat pergi ke pantai atau mengunjungi pulau kecil ternyata lebih dari sekedar untuk bersenang-senang saat liburan.

Sejumlah penelitian mengungkapkan berbagai manfaat air laut untuk kesehatan. Hal tersebut karena air laut kaya akan mineral, sepert natrium, klorida, sulfat, magnesium, dan kalsium.

Air laut bahkan sudah digunakan untuk terapi medis yang dikenal dengan thalassotherapy. Setidaknya ada tiga manfaat berenang di air laut seperti dikutip dari Daily Mail.

1. Meredakan sinusitis atau masalah pernapasan

Berenang di laut yang mengandung garam dan mineral lainnya dipercaya dapat menurunkan gejala sinusitis, serta masalah pernapasan lainnya. Seorang direktur layanan klinis dari medical charity Allergy di Inggris menyebut orang-orang yang hidup dekat laut atau sering berenang di laut memiliki sistem pernapasa yang sehat. Air laut dinilai dapat membersihkan lapisan saluran udara atau sebagai irigasi hidung. Kandungan garam bersifat antiseptik dan membantu mengurangi peradangan pada lapisan sinus.

2. Meningkatkan Sistem Imun

Berenang di laut dipercaya dapat peningkatan imunitas tubuh. Air laut mengandung elemen-elemen penting, seperti vitamin, garam mineral, trace element atau unsur kimia yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan, pengembangan, dan fisiologi organisme, asam amino, dan mikroorganisme hidup yang bisa memproduksi efek antibiotik serta antibakterial untuk mendukung sistem imun sehat.

Menurut sejumlah ahli, sama dengan plasma darah manusia, komponen air laut mudah diserap dan dimanfaatkan oleh tubuh ketika sedang berenang. Menurut dokter naturopati Connie Hernandez, menghirup kabut dan hawa laut yang berisi ion bermuatan negatif juga bisa meningkatkan sistem imun.

Selain itu, banyak juga ahli yang berpendapat bahwa manfaat renang di laut dapat membuka pori-pori kulit, sehingga mempermudah penyerapan mineral-mineral laut dan mengeluarkan racun penyebab penyakit dari dalam tubuh.

3. Meringankan psoriasis

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Ekayana
Editor: Ekayana
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved