Usai Direnovasi, Kolam Pemandian Air Panas Alami Satu-Satunya di Singapura Ini Kembali Buka

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung selain menikmati sensasi merendam kaki di kolam air panas ini, salah satunya memasak telur

instagram
Sembawang Hot Spring 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM, SOLO - Kolam pemandian air panas alami satu-satunya di Singapura, Sembawang Hot Spring Park, kembali dibuka untuk umum pada Sabtu (4/1/2020).

Kolam pemandian tersebut tampil baru di mana memiliki tambahan taman, cascading pool empat tingkat (kolam bertingkat), kafe, hingga sarana edukasi anak.

Dilansir CNA, tempat yang dulunya hanya berupa saluran air, keran dan ember berisi air panas itu kini memiliki luas 1,1 hektar.

Ini Lho Bedanya Sushi dan Sashimi

Sering Dengar Istilah Jet Lag? Berikut Gejalanya, Wasapada Bagi Penumpang Pesawat

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung selain menikmati sensasi merendam kaki di kolam air panas ini, salah satunya memasak telur di tempat yang telah disediakan. Anak-anak juga dapat bermain dengan mata air hangat di zona pendidikan.

Di sana mereka dapat belajar tentang siklus air tanah melalui panel interpretatif. Selain itu, di pintu masuk taman, pengunjung akan disambut jalan setapak bunga dengan pohon buah-buahan dan tanaman yang dapat dimakan. Tanaman tersebut seperti jahe, rambutan, dan chiku, bunga yang biasa terlihat pada era 1960 hingga 1990-an.

Sembawang Hot Spring Park juga memiliki fasilitas seperti toilet, halaman untuk kegiatan, dan kafe. Berawal dari kritik Proses pengerjaan dan perombakan tempat ini berawal dari kritik dan saran dari masyarakat pada konsultasi publik akhir tahun 2007.

Masyarakat turut ambil peran dalam proses desain taman. "Ini adalah satu-satunya taman pemandian air panas alami di Singapura saat ini, dan memiliki bnyak hal mengesankan bagi masyarakat," tulis National Parks Board (NParks), pengelola Sembawang Hot Spring Park, dalam keterangan pers, dikutip dari CNA.

Pengunjung merendam kakinya dalam wadah berisi air panas di Sembawang Hot Spring Park, Singapura.(Jeremy Long)
Pengunjung merendam kakinya dalam wadah berisi air panas di Sembawang Hot Spring Park, Singapura.(Jeremy Long) (kompas.com)

Sumber air panas Sembawang ditemukan pada awal 1900-an di satu lahan milik pedagang China, Seah Eng Keong. Tempat ini pernah menjadi pemandian air panas bagi tentara Jepang. Kala itu, mereka menduduki Singapura selama Perang Dunia 2.

Kemudian, pada tahun 1960-an, media lokal menyarankan untuk mengembangkan daerah itu menjadi resor spa wisata, restoran, lapangan golf mini atau cagar alam. Namun saran tersebut tidak membuahkan hasil.

Lalu, tanah itu berpindah tangan beberapa kali, sebelum Kementerian Pertahanan Singapura mengembalikan tanah itu ke negara bagian hingga akhirnya pengerjaan renovasi dimulai pada Agustus 2018.

Tertarik berkunjung ke kolam pemandian air panas satu-satunya di Singapura ini? Pengunjung bisa datang setiap harinya mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 19.00 WIB. Tempat ini dapat diakses melalui Gambas Avenue, dan dari halte bus terdekat berjarak 400 meter di Jalan Sembawang. Jika membawa mobil pribadi, pengunjung dapat parkir di 114 Yishun Ring Road.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Pemandian Air Panas Alami Satu-satunya di Singapura Kembali Dibuka

Ikuti kami di
Editor: Ekayana
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved