Ingin Coba Menikmati Makanan Pedas? Berikut 4 Tips Makan Pedas Bagi Pemula

Sekarang ini makanan pedas biasanya memiliki tingkat kepedasan. Kamu bisa memanfaatkan ini untuk mencoba tingkat ketahanan pedasmu

google.com
ilustrasi makan makanan pedas 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM, SOLO - Makanan pedas kerap jadi favorit banyak orang, terutama di Indonesia. Cabai dan sambal tidak pernah jauh dari makanan orang Indonesia. 

Namun nyatanya tak semua orang menyukai jenis kuliner tersebut.

Menggemaskan! di Neko Hatago Jepang, Pengunjung Bisa Puas Bermain dengan Kucing

Pernah Rasakan Depresi Usai Liburan? Ini Gejalanya

Jika anda belum pernah merasakan makanan pedas tapi ingin mencoba merasakan jenis makanan ini, berikut tips agar bisa tetap aman menikmati makanan pedas:

1. Request Tingkat Kepedasan

Sekarang ini makanan pedas biasanya memiliki tingkat kepedasan. Kamu bisa memanfaatkan ini untuk mencoba tingkat ketahanan pedasmu. Awalnya kamu bisa minta pada penjual untuk memberikan level terendah. Jika kamu bisa mengatasinya, kamu bisa terus menambah level pedasmu. Seperti di festival Rumbadas ini, beberapa tenant makanan menyediakan level kepedasan yang bisa kamu atur sesukamu. Misalnya, bakso aci dan pentol ceker yang bisa disesuaikan tingkatnya.

2. Coba Perlahan

Ketika mulut mulai terasa panas saat makan pedas, biasanya refleks kita adalah makan dengan cepat. Eits, coba dulu deh untuk makan secara perlahan. Selain untuk mengurangi risiko tersedak, itu juga bisa mengurangi sensasi pedas di mulut kamu dan membiasakanmu terhadap rasa panas di mulut.

3. Minum Susu

Seperti sudah jadi rahasia umum kalau minum susu saat makan pedas bisa mengurangi rasa panas yang diakibatkan oleh zat kapsaisin di dalam cabai. Dengan begitu, rasa pedas yang kamu rasakan bisa cepat berkurang dan bikin kamu lebih menikmati makanan pedas. Tidak hanya itu, susu juga bisa mengurangi rasa panas dan sakit yang biasanya muncul di perut pasca makan makanan pedas.

“Iya di Rumbadas juga ada beberapa tenant minuman segar kayak es cendol, es jeruk, kopi susu, dan thai tea yang bisa meredam rasa pedas yang dirasakan pengunjung,” kata Blessdy Clementine, wakil ketua panitia Rumbadas ketika ditemui Kompas.com pada Sabtu (02/11/2019).

4. Cari Makanan yang Bertekstur Beda

Buat pemula, lebih baik cobain makanan yang punya beberapa tekstur berbeda. Itu bisa membantu kamu meredam rasa pedas dari makanan yang kamu makan. Misalnya, kalau kamu makan sate padang, coba deh makan pakai lontong yang dipisah dari bumbunya. Lontong itu bisa bantu meredam rasa pedas dari bumbu sate yang terasa di mulut. “Iya aku sih nyobanya gitu ya. Lontong kan rasanya netral, bantu ngurangin pedas banget. Kalau makan seblak atau bakso aci gitu ya paling aku minta pilusnya itu dipisah,” kata Widya, salah satu pengunjung Rumbadas yang mengaku baru mulai rutin mencoba makanan pedas.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : 4 Tips Makan Pedas untuk Pemula

Ikuti kami di
Editor: Ekayana
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved