Serupa Tapi Tak Sama, Berikut Perbedaan Antara BBQ Ala Korea dan Jepang

Namun meskipun sekilas terlihat sama tetap ada beberapa perbedaan mendasar di antara mereka, mulai dari bentuk potongan hingga cara bersantapnya

Penulis: Ekayana
Editor: Ekayana
google.com
ilustrasi Korean BBQ 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM, SOLO - Kreasi kuliner barbeque (BBQ) dari Korea dan Jepang saat ini tengah digemari oleh masyarakat.

Hal tersebut terlihat semakin banyak restoran yang menyajikan kedua sajian tersebut dan selalu dipenuhi oleh pelanggan.

Kedua sajian barbeque ini sama-sama dimasak secara tradisional menggunakan pilihan bahan bakar arang, gas, atau listrik.

Namun meskipun sekilas terlihat sama tetap ada beberapa perbedaan mendasar di antara mereka, mulai dari bentuk potongan hingga cara bersantapnya.

Berikut adalah 4 perbedaan utama antara barbeque khas Korea dan Jepang: 

1. Pilihan BBQ Korea Lebih Bervariasi

Jepang sangat terobsesi dengan daging sapi dalam sajian barbeque-nya namun berbeda dengan Korea yang justru lebih luwes. BBQ Korea memiliki menu dari bahan baku daging babi dan ayam, yang masing-masing memiliki bumbu berbeda satu sama lain. Bahkan beberapa restoran korea juga menyediakan menu seafood.
Sedangkan untuk hidangan pendampingnya, BBQ khas Jepang cenderung tidak terlalu banyak. BBQ khas Jepang biasanya hanya fokus menyediakan daging sapi saja seperti daging sapi lokal, wagyu, atau daging sapi Australia.

2. Bumbu BBQ Korea dan Jepang Berbeda

Barbeque khas Korea umumnya disajikan dengan bumbu yang lebih banyak, sebelum kemudian dipanggang secara personal di atas alat panggang kecil. Secara umum, ada dua jenis sajian terkait yang populer di Korea yakni Bulgogi alias daging has dalam dan luar, serta Galbi yang berasal dari area short ribs pada daging sapi.

Sedangkan Jepang cenderung menyukai rasa asli dari daging sapi yang digunakan, sehingga kualitas perpaduan serat dan lemak menjadi nilai utama untuk mengukur tingkat kelezatannya hasil masakan. Yakiniku dan teppanyaki adalah cara memasak barbeque yang paling populer di Jepang, yakni pertama dengan bumbu marinasi ringan dan kedua diolah di atas papan besi datar (teppan).

ilustrasi Japan BBQ
ilustrasi Japan BBQ (google.com)

4. Banyak makanan pendamping di BBQ Korea

Fokus BBQ Jepang memang terletak pada rasa yang dihasilkan oleh daging sapi, sehingga kehadiran menu pendamping tak terlalu banyak. Sedikit berbeda pada barbeque khas Korea, di mana selain memperhatikan kualitas daging, masyarakat di sana juga sangat loyal dalam menghadirkan beragam menu pendampingnya, yang dikenal degan istilah banchan.

Menu pendamping ini terdiri dari beragam jenis, mulai dari aneka kimchi segar, tumis sayuran, olahan mie, hingga yang model kekinian seperti keju lumer. Inilah yang kemudian menjadikan agenda bersantap hidangan ini begitu disukai banyak orang.

Nah, untuk kamu yang penasaran dengan meriahnya sajian barbeque khas Korea, kamu dapat puas mencicipinya di Bornga. Restoran ini menyajikan perpaduan irisan aneka daging terbaik dengan siraman saus homemade yang menggoda selera.

makanan pendamping khas kore, Banchan
makanan pendamping khas kore, Banchan (pergikuliner.com)

5. Cara Menyantap Daging 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, untuk menyantap daging BBQ Jepang, cukup mencelupkannya dalam saus yang disajikan. Namun untuk menyantap daging pada BBQ Korea, maka biasanya harus membungkus daging tersebut dengan daun selada yang di dalamnya terdapat kimchi, bawang putih, cabai hijau dan saus ssamjang. Ini merupakan teknik menyantap daging yang disebut dengan nama ssam.(*)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved